UJI AKURASI ARAH KIBLAT MUSALA STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM DI KECAMATAN DOLOPO MENGGUNAKAN RASD AL- QIBLAT LOKAL

Anam Fathulloh, Anam Fathulloh (2022) UJI AKURASI ARAH KIBLAT MUSALA STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM DI KECAMATAN DOLOPO MENGGUNAKAN RASD AL- QIBLAT LOKAL. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
101180124_Anam Fathulloh_Hukum Keluarga Islam.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fathulloh, Anam, 2022. Uji Akurasi Arah Kiblat Musala Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Di Kecamatan Dolopo Menggunakan Ras{dul Al- Qiblat Lokal. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing Khairil Umami, M.S.I
Kata kunci/keywod: Akurasi, Arah Kiblat, Ras}d al- Qiblat Lokal
Dalam menjalankan kewajiban shalat diharuskan memperhatikan rukun dan syaratnya. Salah satu syarat untuk menjalankan shalat secara sah dan benar adalah mengetahui arah kiblat. Syarat menghadap kiblat ini lebih mudah dipenuhi bagi kaum muslimin yang berada disekitar Ka‟bah. Namun hal ini menjadi masalah tersendiri bagi kaum muslimin yang jauh dari Makkah. Dalam menentukan arah kiblat, pada umumnya umat muslim di Indonesia menentukan dengan cara mengira-ngira yaitu dengan malihat peta. Berhubung kota Makkah terletak di sebelah barat laut Indonesia, maka umat muslim yang tinggal di Indonesia menghadapkan dirinya kearah barat laut. Seperti halnya di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum di Kecamatan Dolopo, musala-musala disana belum pernah diukur pengkiblatan musalanya. Hal ini dikarenakan keterbatasan ilmu pengetahuan mengenai metode pengkiblatan masjid.Dewasa ini, alat- alat atau metode dalam menentukan arah kiblat semakin berkembang secara signifikan. Banyak alat-alat atau teknologi yang praktis yang bisa membantu umat muslim untuk menentukan arah kiblat seperti kompas, theodolit, perhitungan segitiga bola, Ras}d al- Qiblat dan yang lainnya sampai dengan menggunakan aplikasi pada android.
Berangkat dari latar belakang tersebut, penulis akan melakukan penelitian mengenai: 1. Bagaimana analisa metode penentuan arah kiblat pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Uumum di Kecamatan Dolopo? 2. Bagaimana akurasi arah kibat pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum di Kecamatan Dolopo menggunakan aplikasi Ras}d al- Qiblat Lokal ?
Menurut jenisnya, penelitian ini termasuk penelitian lapangan artinya mencari data serta kelapangan secara langsung dengan pendekatan kualitatif.Sedangkan teknis penggalian data menggunakan wawancara dan observasi. Dan dalam penelitian ini, penulis akan mengambil dua sample musala untuk diteliti.
Dari hasil penelitian, telah diketahui bahwa dua sample musala yang ada di Stasiun Pengisian Bahan Bakar umum di Kecamatan Dolopo belum pernah diukur arah kiblatnya sehingga orang-orang yang salat di musala tersebut mengikuti arah bangunan dan akurasi arah kiblat yang terdapat pada musala yang ada di SPBU Kecamatan Dolopo yaitu 10° untuk musala SPBU Dolopo dan 11° untuk musala SPBU Mlilir.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khairil Umami
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:35
Last Modified: 24 Nov 2022 02:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21874

Actions (login required)

View Item View Item