Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fikih Kelas VIII MTS Muhammadiyah 2 Jenangan Tahun Ajaran 2021/2022.

Nisa, Layinnatun (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fikih Kelas VIII MTS Muhammadiyah 2 Jenangan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180130_LAYINNATUN NISA_PAI D.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nisa, Layinnatun. 2022. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fikih Kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Andhita Dessy Wulansari, M. Si.

Kata Kunci: Teams Games Tournament, Gaya Belajar, Hasil Belajar.

Pada dasarnya hasil belajar merupakan suatu keberhasilan yang didapatkan peserta didik setelah mengikuti proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar yang baik dapat menjadi syarat siswa dalam memperoleh hasil yang baik, yang dimana dalam proses belajar mengajar harus dilakukan dengan model TGT dan gaya belajar terhadap hasil belajar peserta didik agar memperoleh keberhasilan peserta didik. Berdasarkan dari observasi yang dilakukan oleh peneliti pada guru Fikih di MTs Muhammdiyah 2 Jenangan, diketahui bahwasannya ada beberapa siswa yang pencapaian hasil nilai siswa yang seharusnya nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) nya 75 tapi rata-rata nilai yang dicapai siswa rendah yaitu 56. Hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran TGT peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Jenangan tahun ajaran 2021/2022; (2) Mengetahui gaya belajar peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Jenangan tahun ajaran 2021/2022; (3) Mengetahui hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Jenangan tahun ajaran 2021/2022; (4) Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran TGT berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar fikih peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Jenangan tahun ajaran 2021/2022; (5) Mengetahui apakah gaya belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar fikih kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Jenangan tahun ajaran 2021/2022; (6) Mengetahui apakah penerapan model TGT dan gaya belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar fikih peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Jenangan tahun ajaran 2021/2022.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 75 responden. Dan teknik pengambilann sampel mennggunakan kuantitatif ex post facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket. Sedangkan analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linier sedrhana dan linier berganda.
Berdasarkan dari analisis data ditemukan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Fikih kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Jenangan tahun ajaran 2021/2022, dalam kategori cukup efektif dengan frekuensi sebanyak 52 responden (69,33%); (2) Gaya belajar kelas VIII pada mata pelajaran Fikih MTs Muhammadiyah 2 Jenangan tahun ajaran 2021/2022, gaya belajar visual dalam kategori cukup sesuai dengan frekuensi sebanyak 54 responden (72,00%); sedangkan gaya belajar auditori dengan frekuensi sebanyak 57 responden (76,00%), dan gaya belajar kinestetik dengan frekuensi sebanyak 56 responden (74,67%); (3) Hasil belajar kelas VIII pada mata pelajaran Fikih MTs Muhammadiyah 2 Jenangan tahun ajaran 2021/2022, dalam kategori sedang dengan frekuensi sebanyak 47 responden (62,67%); (4) Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Fikih kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Jenangan tahun ajaran 2021/2022, nilai tersebut sebesar 18,7%, (5) Gaya belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Fikih kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Jenangan tahun ajaran 2021/2022, dengan perolehan sebesar 93,6%, 89,2%, dan 96,6%, (6) Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan gaya belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar fikih kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Jenangan tahun ajaran 2021/2022, adalah 96,6%, 97,0%, dan 96,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr, Andhita Dessy Wulansari, M.Si
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:34
Last Modified: 24 Nov 2022 02:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21873

Actions (login required)

View Item View Item