Implementasi Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur'an Santri Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo

Anam, Choirul (2022) Implementasi Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur'an Santri Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 201180291 CHOIRUL ANAM.pdf

Download (854kB) | Preview

Abstract

Anam, Choirul. 2022. Implementasi Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kulitas Bacaan al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati, M.Pd.I.
Kata Kunci: Metode Sorogan, Meningkatkan, Kulitas Bacaan al-Qur’an
Membaca al-Qur’an dibutuhkan pedoman untuk membaca dengan baik,benar,dan sempurna yaitu berupa tajwid dan Makha>rij al-h}uru>f. Pondok pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo menerapkan metode tradisional sorogan, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an. Berdasarkan hasil pengamatan ditemukan permasalahan yakni masih banyak santri yang belum bisa dikatakan fasih dalam membaca al-Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan metode sorogan dalam pembelajaran al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo; (2) memaparkan dampak metode sorogan dalam meningkatkan kualitas bacaan al-Qur’an Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo; (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dan cara mengatasi faktor penghambat dalam penerapan metode sorogan al-Qur’an santri Pondok Pesantren Al-Barokah Mangusuman Siman Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan konsep dari Miles dan Huberman yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian meliputi: (1) penerapan metode sorogan di Pondok Pesantren Al-Barokah dilatarbelakangi dengan adanya santri yang sebagian masih lemah dalam kualitas bacaanya. Metode sorogan digunakan sebagai metode pada pembelajaran al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Barokah karena mudah untuk memahamkan santri secara individual, dengan teknis dari metode sorogan yang mengharuskan santri maju satu persatu untuk disimak dan dibenarkan bacaannya membuat kualitas dari bacaan santri berkembang, selain itu dengan metode sorogan, ustadz juga lebih mudah dalam mengoreksi bacaan santri, santri mempersiapkan bacaan dan mempelajari materi terlebih dahulu agar kualitas bacaan al-Qur’annya juga akan lebih baik, dengan metode sorogan menuntut santri untuk selalu rajin dalam murajaah bacaannya dan mendalami materinya agar ketika menyorog kualitas bacaannya menjadi lebih baik; (2) Dampak penerapan metode sorogan di Pondok Pesantren Al-Barokah yaitu santri terdorong dengan cara metode sorogan dengan maju satu persatu dengan kemampuan membaca yang lebih baik, dan dengan diperhatikanya bacaan santri satu persatu oleh ustadz ketika menyorog ke depan membuat bacaan santri berkembang, dengan digunakannya metode sorogan membuat kualitas bacaan al-Qur’an santri meningkat, karena dengan diperhatikannya santri secara individual membuat ustadz mengetahui kelemahan dari masing-masing santri, sehingga ketika menyorog ke depan santri akan dibenarkan kualitas bacaannya dengan berpatokan pada tajwid dan Makha>rij al-h}uru>f; (3) faktor pendukung penerapan metode sorogan yaitu: sanad riwayat pendidikan yang jelas, tata tertib yang jelas, serta sarana dan prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambatnya yaitu; bentrok waktu antara jam kuliah dengan waktu pembelajaran sorogan, dan masih banyaknya santri yang bolos dan kurang disiplin dalam mengikuti pembelajaran sorogan al-Qur’an. Kemudian cara mengatasi faktor hambatan dalam penerapan metode sorogan al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Barokah yaitu: memberikan takzir bagi santri yang tidak masuk tanpa keterangan, memberikan arahan kepada santri yang tidak masuk untuk halaqah setelah shalat berjamaah, saling menyimak ketika di belakang dengan temanya dan sharing materi yang telah diberikan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:29
Last Modified: 24 Nov 2022 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21865

Actions (login required)

View Item View Item