Tinjauan Maslahah Terhadap Praktik Bimbingan Perkawinan di KUA Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan

Wahyuni, Titik (2022) Tinjauan Maslahah Terhadap Praktik Bimbingan Perkawinan di KUA Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
101180216_Titik Wahyuni_Hukum Keluarga Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wahyuni, Titik, 2022. “Tinjauan Maṣlaḥaḥ Terhadap Praktik Bimbingan Perkawinan di KUA Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan”. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Shofwatul Aini, M.S.I.
Kata kunci/Keyword: Maṣlaḥaḥ, Bimbingan Perkawinan, Calon Pengantin.
Bimbingan perkawinan merupakan pembinaan yang dilakukan oleh para ahli dalam bidang bimbingan perkawinan kepada calon pengantin. Bimbingan perkawinan di KUA Kecamatan Kawedanan terlaksana secara singkat, karna hal ini peneliti mengkaji dengan teori maṣlaḥaḥ. Maṣlaḥaḥ merupakan suatu kemaslahatan yang tidak disinggung oleh syara’ dan tidak pula terdapat dalil-dalil yang menyuruh untuk mengerjakan atau meninggalkannya, kemaslahatan disini yaitu terpeliharanya tujuan-tujuan syariat yang dibatasi dengan beberapa batasan dan tidak diaplikasikan pada hal yang ditimbulkan oleh hawa nafsu maupun keinginan manusia saja. Maqāṣid sharī‘ah adalah tujuan, target atau hasil akhir berupa kemaslahatan hakiki dengan ditetapkannya hukum pada manusia.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana tinjauan maṣlaḥaḥ terhadap waktu bimbingan perkawinan yang dipersingkat di KUA Kecamatan Kawedanan Kebupaten Magetan? bagaimana tinjauan maṣlaḥaḥ terhadap penyampaian materi dalam bimbingan perkawinan di KUA Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan?
Jenis penelitian yang digunakan dari segi tempat perolehan data termasuk dalam penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan cara deduktif. Sedangkan pengecekan keabsahan menggunakan triangulasi.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa maṣlaḥaḥ persingkatan waktu bimbingan perkawinan adalah: dari segi kekuatannya sebagai hujjah dalam menetapan hukum, persingkatan waktu bimbingan perkawinan termasuk maṣlaḥaḥ tahsiniyah, dari segi keserasian dan kesejalanan yang baik oleh akal dengan tujuan syara’ dan menetapkan hukum, persingkatan waktu bimbingan perkawinan termasuk dalam maṣlaḥaḥ al-mu’tabarah, dari segi maqāṣid sharī‘ah dilihat dari kekuatan, persingkatan waktu bimbingan perkawinan termasuk al-maqāṣid al-qaṭ’īyah, dari segi lima unsur pokok maqāṣid al-sharī‘ah, dalam persingkatan waktu termasuk dalam pemeliharaan keturunan (muḥāfaẓah al-nasl/al-nasb). Sedangkan maṣlaḥaḥ penyampaian materi bimbingan perkawinan: dari segi kekuatannya sebagai hujjah dalam menetapan hukum, persingkatan waktu bimbingan perkawinan termasuk maṣlaḥaḥ tahsiniyah, dari segi keserasian dan kesejalanan yang baik oleh akal dengan tujuan syara’ dan menetapkan hukum, persingkatan waktu bimbinan perkawinan termasuk dalam maṣlaḥaḥ al-mu’tabarah, dari segi maqāṣid sharī‘ah dilihat dari kekuatan, persingkatan waktu bimbingan perkawinan termasuk al-maqāṣid al-qaṭ’īyah. dari segi lima unsur pokok maqāṣid al-sharī‘ah, dalam persingkatan waktu termasuk dalam pemeliharaan akal (muḥāfaẓah al-’aql. Dan pemeliharaan keturunan (muḥāfaẓah al-nasl/al-nasb).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shofwatul Aini
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:29
Last Modified: 24 Nov 2022 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21864

Actions (login required)

View Item View Item