..(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Penilaian Kognitif Melalui Tes Lisan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-PB) Kelas IX di SMP Islam Thoriqul Huda Cekok Babadan Ponorogo

Nuroni, M. (2022) ..(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Penilaian Kognitif Melalui Tes Lisan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-PB) Kelas IX di SMP Islam Thoriqul Huda Cekok Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180359_M. NURONI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di SMP Islam Thoriqul Huda pada sistem evaluasinya
masih belum sempurna dan belum mencapai suatu target yang di inginkan, setiap
tenaga pendidiknya saya rasa perlu untuk lebih memperhatikan lagi terhadap evaluasi
dalam proses pembelajaran, hal tersebut di sebabkan karena adanya hal yang berkaitan
dengan peserta didik. Peserta didik masih belum menguasai materi ketika ujian
dilakukan terutama pada ujian tes lisan, masih banyak peserta didik yang merasa
belum yakin dan tidak percaya diri dengan kemampuannya sendiri, sehingga peserta
didik berfikir secara fasif tidak berkembang. Hal tersebut dikarenakan para peserta
didik masih melakuan menyontek ketika ujian tulis dilakukan. hal tersebut sangat
mempengarui daya ingat berfikir pada setiap peserta didik. Dengan adanya
permasalahan seperti diatas maka perlunya guru SMP Islam Thoriqul Huda melakukan
pembenahan kembali mengenai dengan penilaian dan evaluasi pembelajarannya.
Adapun tujuanya dilakukan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui
bagaiman penilaian kognitif bentuk tes lisan pada mata pelajaran PAI kelas VIII di
SMP Thoriqul Huda Cekok Babadan, (2) untuk mengetahui bagaiman proses
pengembangan penilaian kognitif bentuk tes lisan pada mata pelajaran PAI kelas VIII
di SMP Islam Thoriqul Huda Cekok Babadan. Peneliti dalam penelitian ini yaitu
menggunakan penelitian pendekatan kualitatif.
Jenis metodologi yang diambil dalam penelitian ini adalah dengan mengambil
studi kasus. Dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus ini maka peneliti dapat
melakukan penelitian secara langsung, dengan cara menenliti semua kejadian dan
persitiwa yang ada tentang kegiatan yang benar-benar ada dan dilakukan di SMP Islam
Thoriqul Huda Cekok yang berkaitan dengan Pengembangan Penilaian Aspek Kognitif
Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VIII di SMP Islam
Thoriqul Huda Cekok.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa bentuk kegiatan dalam penilaian aspek
kognitif bentuk tes lisan pada mata pelajaran PAI terhadap siswa Kelas VIII di SMP
Islam Thoriqul Huda dilakukan dengan model penilaian berorientasi pada tujuan. (1)
Instrumen yang digunakan bergantung pada tujuan yang ingin dicapai meliputi tahap
awal yaitu perkenalan, tahap pelaksanaan, tahap pemberian nilai dengan berpedoman
kesempurnaan jawaban yang diberikan, kelancaran dan kebenaran. (2) Proses
pengembangan penilaian aspek kognitif bentuk tes lisan pada mata pelajaran PAI
Kelas VIII di SMP Islam Thoriqul Huda dikembangkan melalui soal tes yang
dikembangkan lewat kompetensi dasar ke dalam indikator-indikator kemudian soal
diklasifikasikan mulai dari soal tingkat pengetahuan, tingkat pemahaman dan tingkat
pengaplikasian

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh.Munir
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:26
Last Modified: 24 Nov 2022 02:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21857

Actions (login required)

View Item View Item