..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MIN 3 Magetan pada Masa Pandemi Covid-19

Airullah, Serafina (2022) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MIN 3 Magetan pada Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180054_SERAFINA AIRULLAH_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada masa pandemi covid-19, banyak perubahan yang terjadi pada masyarakat yang salah satunya pada bidang pendidikan. Pada bidang pendidikan, terjadi perubahan pada sistem pembelajaran yang sebelum masa pandemi dilakukan secara tatap muka dan pada saat pandemi dilakukan secara daring/online. Dengan adanya perubahan tersebut pasti akan berpengaruh pada mutu pembelajaran. Oleh karena itu, kepemimpinan kepala madrasah sangat diperlukan pada masa pandemi covid-19 agar mutu pembelajaran di madrasah tetap meningkat. MIN 3 Magetan merupakan salah satu madrasah unggulan yang berada di kabupaten Magetan dan salah satu madrasah yang terkena dampak dari pandemi covid-19.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengetahui: (1) Strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MIN 3 Magetan pada masa pandemi covid-19. (2) Tipe kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MIN 3 Magetan pada masa pandemi covid-19. (3) Keberhasilan kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MIN 3 Magetan pada masa pandemi covid-19.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologi. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode in-depth interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data peneliti menggunakan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, teknik dan waktu.
Kesimpulan penelitian ini yang dilakukan di MIN 3 Magetan sesuai dengan rumusan masalah antara lain: 1) strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada masa pandemi covid-19 menggunakan empat strategi yang diterapkan yaitu dengan memotivasi guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran berlangsung dengan memanfaatkan media pembelajaran yang ada, mengikutkan guru pada kegiatan pelatihan, menekankan kedisiplinan, dan dengan danya pengawasan/supervisi dari kepala madrasah yang dilakukan secara online dengan melakukan pengumpulan jurnal mengajar dari guru; 2) tipe kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Dari beberapa tipe kepemimpinan, kepala madrasah MIN 3 Magetan menggunakan tipe kepemimpinan demokratis. Kepala madrasah yang dapat menerima pendapat, kritik dan saran dari anggotanya, selalu berkoordinasi dengan anggotanya sehingga menjadi tanggung jawab bersama mulai dari perencanaan, penyelenggaraan, pengawasan hingga penilaian, dan keputusan ditetapkan secara bersama melalui rapat besar; 3) keberhasilan kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada masa pandemi covid-19 dengan menggunakan dua indikator yaitu (a) segi proses, peserta didik lebih aktif pada saat pembelajaran berlangsung, dan peserta didik memiliki semangat belajar. (b) segi hasil, dengan adanya perubahan positif dari tingkah laku, adanya kedisiplinan dari peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran dan dari nilai akademik dengan peningkatan pada nilai harian peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:20
Last Modified: 24 Nov 2022 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21844

Actions (login required)

View Item View Item