..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Strategi Guru Dalam Melatih Kemampuan Berbicara Krama Inggil Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas 3 Di MI Terpadu Bina Putera Cendikia

Purwandani, Meinanda Hesti (2022) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Strategi Guru Dalam Melatih Kemampuan Berbicara Krama Inggil Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas 3 Di MI Terpadu Bina Putera Cendikia. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Purwandani, Meinanda Hesti. 2022, Strategi Guru dalam Melatih Kemampuan Berbicara Krama Inggil pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas 3 di MI Terpadu Bina Putera Cendikia. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Tirta Dimas Wahyu Negara, M.Pd.

Kata Kunci: Kemampuan, Berbicara, Krama Inggil, Bahasa Jawa

Penggunaan bahasa daerah dalam kegiatan sehari-hari kini semakin menurun. Terutama dalam hal berbicara dengan orang yang lebih tua menggunakan bahasa Jawa krama inggil. Pada umumnya masih banyak orang ketika berbicara dengan orang yang lebih tua menggunakan bahasa jawa ngoko. Madrasah sebagai wadah yang memiliki peran sangat penting dalam melatih serta membimbing cara berbicara bahasa Jawa dengan baik dan benar. Guru sebagai tenaga pendidik mempunyai strategi yang dapat melatih berbicara kromo inggil melalui pembelajaran bahasa jawa di kelas. Adanya kegiatan ini, akan dapat membantu siswa dalam melatih serta meningkatkan kemampuan berbicara bahasa jawa khususnya krama inggil.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan berbicara Krama Inggil pada mata pelajaran bahasa jawa, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kemampuan berbicara Krama Inggil, (3) mendeskripsikan strategi guru dalam melatih kemampuan berbicara Krama Inggil, (4) mendeskripsikan solusi yang dilakukan guru dalam melatih kemampuan berbicara Krama Inggil.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Objek yang diteliti adalah siswa MI Terpadu Bina Putera Cendikia berfokus pada kelas 3. Penelitian ini, menggunakan strategi dalam proses pengumpulan data, yakni, strategi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data Miles dan Huberman meliputi : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan berbicara siswa kelas 3 di MI Terpadu Bina Putera Cendikia memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Sekitar 65% yang sudah mampu dan memahami bahasa Jawa krama inggil sesuai kaidahnya, sedangkan sisanya masih kurang mampu dengan menggunakan bahasa campuran. 2) Faktor pendukung siswa dalam melatih kemampuan berbicara yaitu adanya kerja sama antar guru, situasi yang kondusif saat pelajaran, media pembelajaran yang memadai dan dukungan dari para orang tua wali sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya pembiasaan sejak dini, keterbatasan waktu pembelajaran di kelas, lingkungan sekitar rumah serta teknologi yang semakin canggih. 3) Terdapat berbagai strategi yang digunakan guru mata pelajaran dalam melatih kemampuan berbicara krama inggil meliputi, ceramah, diskusi, tanya jawab dan latihan soal. 4) Perlu adanya solusi dalam menangani siswa yang kemampuan berbicara krama inggilnya belum sesuai kaidahnya yaitu menyesuaikan strategi pembelajaran dengan materi dan penambahan 5-7 kosa kata pada setiap mata pelajaran bahasa jawa di kelas, penambahan kosa kata yang dibuat menjadi sebuah lagu akan menambah perbendaharaan kosa kata siswa dalam berbicara krama inggil.
.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Thesis Supervisor: Tirta Dimas Wahyu Negara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:19
Last Modified: 24 Nov 2022 02:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21842

Actions (login required)

View Item View Item