Analisis Dampak Pernikahan Dini Dalam Perspektif Sosiologi Hukum (Studi Kasus Di Tamperan Kelurahan Sidoharjo Kabupaten Pacitan)

Nur Tiaranissa, Anindya (2022) Analisis Dampak Pernikahan Dini Dalam Perspektif Sosiologi Hukum (Studi Kasus Di Tamperan Kelurahan Sidoharjo Kabupaten Pacitan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
101180127_Anindya Nur Tiaranissa_Hukum Keluarga Islam.pdf

Download (904kB) | Preview

Abstract

Tiaranissa, Anindya Nur, 2022. Analisis Dampak Pernikahan Dini Dalam Perspektif Sosiologi Hukum (Studi Kasus Di Tamperan Kelurahan Sidoharjo Kabupaten Pacitan). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Wahyu Saputra, M.H.Li.
Kata Kunci/keyword: Pernikahan Dini, Dampak, Sosiologi Hukum
Pernikahan dini atau pernikahan di bawah umur adalah suatu perkawinan antara laki-laki dan perempuan yang belum memenuhi syarat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Fenomena di Tamperan Kelurahan Sidoharjo Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan terdapat 5 pasangan pelaku pernikahan dini yang usia pernikahannya masih baru dan sudah cukup lama yang pastinya memiliki dampak tersendiri. Pernikahan dini ini menjadi kasus tersendiri dalam kajian hukum, yang mana alasan penelitian ini memfokuskan penikahan dini terkhusus pada dampak pernikahan dini yang dipandang dari kacamata sosiologi hukum.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana analisis sosiologi hukum tentang dampak pernikahan dini terhadap keharmonisan keluarga di Tamperan Kelurahan Sidoharjo Kabupaten Pacitan? (2) Bagaimana analisis sosiologi hukum tentang pemenuhan nafkah dalam pernikahan dini di Tamperan Kelurahan Sidoharjo Kabupaten Pacitan?
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif, dimana peneliti berperan sebagai aktor sentral dalam pengumpul dan pengolah data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara dan dokumentasi.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dampak pernikahan dini terhadap keharmonisan keluarga adalah keluarga menjadi tidak harmonis dikarenakan faktor belum matangnya pola fikir dan belum ada kesiapan sebagai suami dan istri. Secara sosiologi hukum pelaku pernikahan dini ini belum dapat memahami hak dan kewajiban sebagai suami dan istri untuk mewujudkan keluarga yang Sakinah mawaddah warahmah. Sedangkan dampak pernikahan dini terhadap pemenuhan nafkah adalah adanya peralihan tanggung jawab kepada kedua orang tua. Secara sosiologi hukum para pelaku pernikahan dini ini belum sadar akan hukum dikarenakan yang seharusnya pemenuhan nafkah merupakan tanggung jawab dari suami menjadi tanggung jawab kedua orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahyu Saputra
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:16
Last Modified: 24 Nov 2022 02:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21840

Actions (login required)

View Item View Item