..(TAMBAHKAN WATERMARK, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Peran Majelis Shalawat Thibbil Qulub dalam Membentuk Akhlak Remaja Dusun Nawangan Bogoharjo Ngadirojo Pacitan

Alamsyah, David Hadad (2022) ..(TAMBAHKAN WATERMARK, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Peran Majelis Shalawat Thibbil Qulub dalam Membentuk Akhlak Remaja Dusun Nawangan Bogoharjo Ngadirojo Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201180294_David Hadad Alamsyah_PAI.docx

Download (875kB)

Abstract

ABSTRAK

Alamsyah, David Hadad. 2022. Peran Majelis Shalawat Thibbil Qulub dalam Membentuk Akhlak Remaja Dusun Nawangan Bogoharjo Ngadirojo Pacitan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Erwin Yudi Prahara
Kata Kunci:Peran Majelis Shalawat, Akhlak, Remaja.
Akhlak adalah perilaku yang dimiliki setiap manusia, secara ilmu akhlak adalah sesuatu yang digunakan untuk mengetahui baik atau buruknya sebuah perikalu. Akhlak adalah pondasi dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, karena jika akhlak kita baik terhadap sesama manusia niscaya dalam bermasyarakat bisa baik. Di daerah tempat penelitian tersebut juga terdapat Majelis Shalawat yang bisa menjadi Lembaga dakwah untuk membantu remaja agar dapat berakhlak baik di masyarakat. Namuan dalam kehidupan dalam masyarakat masih terdapat banyak sekali remaja yang masih mempunyai akhlak yang kurang baik, hal ini yang menjadi daya Tarik peneliti untuk melakukan peneltian bagaimana peranan majelis sholawat terhadap akhlak remaja.
Penenlitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui pelaksanaan majelis Shalawat Thibil Qulub dalam membentuk akhlak remaja di Dusun Nawangan Bogoharjo Ngadirojo Pacitan (2) mengetahui kondisi akhlak remaja di dusun Nawangan Boagoharjo Ngadirojo Pacitan (3) mengetahui peran majelis shalawat Thibil Qulub dalam membentuk Akhlak Remaja di Dusun Nawangan Bogoharjo Ngadirojo Pacitan.
Penenlitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Penelitian ini dilakukan terhadap remaja di Dusun Nawangan Bogoharjo Ngadirojo Pacitan .pendekatan studi kasus mempunyai manfaat yang dapat mempermudah peneliti dalam mengambil data di lapangan dan data yang diperoleh lebih akurat karena penelitian yang di lakukan harus mendatangi langsung di lokasi peneliti dan mengetahui kondisi yang sebenarnya.
Temuan penelitian ini adalah; (1) Terdadapat beberapa macam pelaksanaan yang dilakukan Majelis Shalawat Thibbil Qulub dalam membentuk akhlak remaja Dusun Nawangan seperti shalawatan bersama (2) Akhlak remaja di Dusun Nawangan Bogoharjo Ngadirojo sesudah diadakan rutinan shalawat menjadi lebih baik. (3) Majelis Shalawat Thibbil Qulub berperan penting dalam membentuk akhlak remaja Dusun Nawangan karena dapat merubah akhlak remaja menjadi lebih baik dengan mengadakan rutinan shalawat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:14
Last Modified: 24 Nov 2022 02:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21835

Actions (login required)

View Item View Item