Study Analisis Materi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Waşhīyatul Muştāfā Karya Syeikh Abdul Wahhab Asy-Sya’rani Dan Kontribusinya Sebagai Sumber Belajar Tambahan Dalam Buku Ajar Mapel Akidah Akhlak Kelas Vii Edisi 2019

AlHakim, Imamul Aziz (2022) Study Analisis Materi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Waşhīyatul Muştāfā Karya Syeikh Abdul Wahhab Asy-Sya’rani Dan Kontribusinya Sebagai Sumber Belajar Tambahan Dalam Buku Ajar Mapel Akidah Akhlak Kelas Vii Edisi 2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317308_Imamul Aziz Al Hakim_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hakim, Imamul Aziz, 2022. “STUDY ANALISIS MATERI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WAŞHĪYATUL MUŞTĀFĀ KARYA SYEIKH ABDUL WAHHAB ASY-SYA’RANI DAN KONTRIBUSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR TAMBAHAN DALAM BUKU AJAR MAPEL AKIDAH AKHLAK KELAS VII EDISI 2019”. Skirpsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Basuki, M. Ag.
Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Akhlak, Materi ajar, Kitab Waşhīyatul Muştāfā
Di lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal dalam melaksanakan proses pembelajaran itu tidak lepas dari yang namanya bahan ajar atau materi. Pada jenjang Madrasah Tsanawiyah, Modul Aqidah Akhlaq Yang diterbitkan oleh KEMENAG, siswa dituntut untuk lebih memahami materi-materi tersebut agar bisa diaplikasikan dengan baik dalam kehidupan sehari-harinya. Diantara materi Akhlaq yang diajarkan di kelas VII khususnya adalah materi tentang nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kehidupan sehari-hari, maka perlu dicari untuk mengetahui nilai-nilai baru mengenai nilai-nilai pendidikan akhlak dalam suatu kitab, dengan harapan dapat memunculkan pemikiran-pemikiran baru dalam aspek pendidikan akhlak yang terlupakan. Kitab Waşhīyatul Muştāfā merupakan salah satu kitab yang mengkaji tentang akhlak, di dalamnya menjelaskan tentang wasiat atau pesan dari Nabi Muhammad SAW kepada sayidina Ali karromallahu wajhah.
Mengacu pada rumusan masalah yang telah penulis kemukakan diatas, maka dapat penulis uraikan tujuan penelitian sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsikan materi nilai-nilai pendidikan Akhlak yang terkandung dalam kitab Waşhīyatul Muştāfā karya Syeikh Abdul Wahab Asy- Sya’rani 2) Untuk mendeskripsikan materi akhlak dalam buku ajar Mapel Akidah Akhlak kelas VII MTs edisi 2019. 3) Untuk menganalisis sub-materi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Waşhīyatul Muştāfā Karya Syeikh Abdul Wahhab Asy-Sya’rani apakah memberi kontribusi sebagai sumber materi tambahan dalam buku ajar Mapel Akidah Akhlak kelas VII edisi 2019.

Guna menjawab dari pertanyaan diatas, maka peneliti coba membuat penelitian dengan jenis penelitian Library Research atau kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yakni dengan metode historis, sedangkan guna analisis data menggunakan metode deskriptif analisis.

Adapun hasil yang didapat adalah sebagai berikut: 1) Kitab Kitab Waşhīyatul Muştāfā Karya Syeikh Abdul Wahhab Asy-Sya’rani menjelaskan tentang nilai-nilai akhlak seperti taat,taubat, ikhlas, istiqomah,menjauhi akhlak tercela dll. 2) Dalam buku ajar mapel Aqidah akhlak kelas VII memaparkan tentang pendidikan akhlak seperti pengertian akhak tercela dan pembagiannya, taat, pengertian berdoa dan shalat, adab dalam berdo’a dan shalat, pengertian berdzikir, serta adab dalam berdzikir namun dalam pemaparannya belum sedetail yang ada di dalam kitab. 3)Terdapat konstribusi antara materi yang ada di kitab Waşhīyatul Muştāfā dengan yang ada di buku yakni dari segi pemaparan materinya yaitu materi tentang halal dan haram, kejujuran dan persahabatan, menjaga lisan, tanda-tanda kebaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:12
Last Modified: 24 Nov 2022 02:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21834

Actions (login required)

View Item View Item