Implementasi Metode Pembelajaran Imla’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Arab Siswa Taman Pendidikan Al-Qur’an Hidyatullah Jomblang, Takeran, Magetan

Zubaidah, Nur Laily (2022) Implementasi Metode Pembelajaran Imla’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Arab Siswa Taman Pendidikan Al-Qur’an Hidyatullah Jomblang, Takeran, Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180405_NUR LAILY ZUBAIDAH_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Zubaidah, Nur Laily. 2022. Implementasi Metode Pembelajaran Imla’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Arab Siswa Taman Pendidikan Al-Qur’an Hidayatulllah, Jomblang, Takeran, Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Zeni Murtafiati Mizani , M.Pd.I.

Kata Kunci: Imla’, Menulis Huruf Arab, TPA

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis huruf Arab siswa kelas B TPA Hidayatullah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang mencakup; faktor personil, faktor guru, faktor metode, dan faktor luar. (1)Terkait personil siswanya, siswa TPA Hidayatullah masih kurang terampil dalam menulis huruf Arab. (2) Guru cenderung kurang memperhatikan siswa dan jarang melakukan koreksi terhadap kesalahan tulisan siswa. (3) Penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan kurang sesuai, menjadikan siswa kurang tertarik dengan kegiatan pembelajaran. (4) Adanya faktor dari luar, yaitu latar belakang pendidikan siswa TPA yang beragam juga menjadi salah satu penyebab kurang meratanya tingkat kemampuan siswa dalam menulis huruf Arab.

Tujuan adanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan pada kemampuan menulis huruf Arab siswa kelas B TPA Hidayatullah setelah penerapan metode pembelajaran imla’.
Jenis penelitian ini me
rupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas B TPA Hidayatullah. Objek penelitian ini adalah kemampuan menulis huruf Arab siswa. Analisis data penelitian menggunakan analisis data kualitatif yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya penerapan metode pembelajaran Imla’ dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf Arab siswa TPA Hidayatullah. Berdasarkan kondisi awal melalui hasil pre-test diperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 59,65 dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 10% yaitu sebanyak 2 siswa kelas B dengan nilai diatas KKM. Lalu melalui post-test 1 yaitu setelah pembelajaran dengan penerapan metode Imla’, diperoleh nilai rata-rata kelas telah meningkat yaitu 68,95 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 65% yaitu sebanyak 13 siswa kelas B dengan nilai diatas KKM. Setelahnya pada tahap post-test 2 diperoleh nilai rata-rata kelas 81,75 dengan ketuntasan belajar mencapai 100% yaitu sebanyak 20 siswa dengan nilai diatas KKM. Maka penerapan metode imla’ dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:11
Last Modified: 24 Nov 2022 02:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21831

Actions (login required)

View Item View Item