..(LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN DITANDA TANGANI DI ATAS MATERAI, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Cerita Bergambar di TK Muslimat NU 001 Nologaten Ponorogo

Ramadhani, Risti (2022) ..(LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN DITANDA TANGANI DI ATAS MATERAI, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Cerita Bergambar di TK Muslimat NU 001 Nologaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOUD PERPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

KataKunci:Kreativitas anak,Cerita bergambar,Anak Usia Dini
Masa kanak-kanak merupakan masa paling penting karena merupakan pembentukan pondasi kepribadian yang menentukan pengalaman anak selanjutnya.Karakteristik anak usia dini menjadi mutlak dipahami untuk memiliki generasi yang mampu mengembangkan diri secara optimal mengingat penting usia tersebut. Mengembangkan kreativitas anak memerlukan peran penting pendidik. Anak kreatif memuaskan rasa ingin tahunya melalui berbagai cara seperti bereksplorasi,bereksperimen dan banyak mengajukan pertanyaan pada orang lain. Anak kreatif dan cerdas tidak terbentuk dengan sendirinya, melainkan perlu pengarahan salah satunya dengan memberikan kegiatan yang dapat mengembangkan kreativitas anak.Fenomen ayang ada selama ini, kreativitas yang dimiliki oleh masyarakat pada umumnya masih rendah. Hal ini diketahui dengan masih banyaknya orang-orang yang belum mampu menghasilkan karya sendiri, mereka masih meniru karya dari orang lain. Keadaan tersebut disebabkan kurangnya pengembangan kreativitas sejak usia dini. Anak-anak khususnya di TK Muslimat NU 001 Nologaten juga masih memiliki kekurangan daya kreativitas. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan anak sehari-hari masih menunggu guru,tidak mempunyai ide sendiri, belum bisa mengungkapkan idenya sendiri kalau tidak dibantu oleh guru,anak-anak masih tergantung dengan guru.
Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan capaian perkembangan kreativitas anak usia dini melalui media cerita bergambar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus untuk mendapatkan hasil penelitian yang sesuai dengan indikator keberhasilan. Penelitian dilakukan pada anak usia 5 – 6 tahun (kelompok B) yang berjumlah 15 anak di TK Muslimat NU 001 Nologaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan instrumen observasi, wawancara,dan dokumentasi untuk menilai peningkatan kreativitas anak.
Penelitian ini menggunakan metode jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terbagi menjadi dua siklus dengan tahapan masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Dari analisis data terdapat peningkatan kreativitas yang tinggi pada siklus II,yaitu pada siklus I sebesar 20%, sedangkan pada siklus II telah mencapai 80%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan kreativitas anak usia dini dapat berkembang secara optimal melalui metode cerita bergambar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ratna Nila Puspitasari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:10
Last Modified: 24 Nov 2022 02:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21829

Actions (login required)

View Item View Item