Analisis Sosiologi Hukum Islam Terhadap Pernikahan Di bawah umur (Studi Kasus di Keluarahan Sogaten Kecamatan Manguharjo Kota Madiun)

Fitriana, Nurrani (2022) Analisis Sosiologi Hukum Islam Terhadap Pernikahan Di bawah umur (Studi Kasus di Keluarahan Sogaten Kecamatan Manguharjo Kota Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
101180195-NURRANI FITRIANA-SKRIPSI.pdf

Download (770kB) | Preview

Abstract

Fitriana, Nurrani. 2022. Analisis Sosiologi Hukum Islam Terhadap Pernikahan Di Bawah Umur (Studi Kasus Di Kelurahan Sogaten Kecamatan Manguharjo Kota Madiun). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Lia Noviana M.H.I.

Kata kunci : Pernikahan, Sosiologi Hukum Islam

Di Kelurahan Sogaten tingkat kenakalan remaja cukup tinggi yang menyebabkan terjadinya hamil di luar nikah, dan ada juga faktor lain yang melatarbelakangi terjadinya pernikahan di bawah umur, sehingga akibat dari pernikahan di bawah umur itu maka perjalanan dalam rumah tangganya akan muncul berbagai konflik dan mempengaruhi keharmonisan rumah tangga.

Berdasarkan uraian diatas penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut : (1) Bagaimana tinjauan sosiologi hukum Islam terhadap faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya pernikahan di bawah umur di Kelurahan Sogaten Kecamatan Manguharjo Kota Madiun (2) Bagaimana tinjauan sosiologi hukum Islam terhadap upaya mewujudkan keharmonisan keluarga pada pernikahan di bawah umur di Kelurahan Sogaten Kecamatan Manguharjo Kota Madiun.

Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, skripsi ini akan menggambarkan beberapa data yang diperoleh dari lapangan, baik dengan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Kemudian dilanjutkan dengan proses reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dengan metode analisis data. Selain itu proses analisa tersebut juga didukung dengan kajian pustaka sebagai referensi untuk memperkuat data yang diperoleh dari lapangan. Sehingga dengan proses semacam itu dapat diperoleh kesimpulan sebagai jawaban atas dua rumusan masalah diatas.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor yang melatarbelakangi terjadinya pernikahan di bawah umur tidak sesuai dengan sosiologi hukum Islam karena hukum sebagai social control dan social engineering belum bisa memaksa faktor-faktor tersebut untuk menghindari pernikahan dibawah umur. Adapun upaya mewujudkan keharmonisan keluarga pada pernikahan di bawah umur tidak sesuai dengan sosiologi hukum Islam karena para pelaku pernikahan di bawah umur tidak mendapatkan perlakuan khusus seperti penyuluhan yang lebih mendalam tentang kesiapan mental dan psikis juga penyuluhan mengenai keluarga Sakinah dari KUA Kecamatan Manguharjo agar dapat mewujudkan keharmonisan keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Noviana
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:05
Last Modified: 24 Nov 2022 02:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21824

Actions (login required)

View Item View Item