..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Efektivitas penggunaan media pop up book dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada kelas IV di MI Miftahul Ulum Kedungpanji 1

Dewi, Jesica Reti (2022) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Efektivitas penggunaan media pop up book dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada kelas IV di MI Miftahul Ulum Kedungpanji 1. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewi, Jesica Reti. 2022. Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Kelas IV di MI Miftahul Ulum Kedungpanji 1. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Intitut Agama Islam Negeri Ponorogo, Lukman Hakim, M.Pd.
Kata Kunci : Efektivitas, Media Pop Up Book, Hasil Belajar, IPA
Efektivitas ini digunakan untuk melihat pengaruh perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran. Ada 3 aspek permasalahan dalam penelitian ini yaitu pertama, kurangnya antusias anak-anak dalam mengikuti pembelajaran di kelas yang mengakibatkan siswa kesulitan dalam memahami pelajaran IPA, kedua guru masih menggunakan metode ceramah dan kurang kreatif sehingga siswa kurang tertarik mengikuti pembelajaran, ketiga beberapa siswa memperoleh nilai yang kurang dari KKM. Maka dari itu untuk mengatasi permasalahan di atas peneliti memilihi media pop up book, guna untuk meningkatkan antusias anak dalam mengikuti pembelajaran, membuat siswa lebih aktif di kelas serta meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media pop up book dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran IPA pada kelas IV di MI Miftahul Ulum Kedungpanji1. (2) mengetahui efektivitas penggunaan media pop up book dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada kelas IV di MI Miftahul Ulum Kedungpanji 1.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian one-group pre test-post test. Jumlah populasi sebanyak 48 siswa dan jumlah sampel sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik observasi, tes hasil belajar dan angket respon siswa. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji-t paired sample test dengan bantuan aplikasi SPSS 26.
Berdasarkan analisis data penelitian menyatakan bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaran melalui efektivitas penggunaan media pop up book dalam meningkatkan hasil belajar IPA berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata 3,7. (2) terdapat efektivitas penggunaan media pop up book dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada kelas IV di MI Miftahul Ulum Kedungpanji 1 dengan nilai signifikansi uji t sebesar 0,000 dan nilai t tabel sebesar 1,717. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 (kurang dari 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 01:59
Last Modified: 24 Nov 2022 01:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21811

Actions (login required)

View Item View Item