..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa di MTs Negeri 1 Pacitan.

Juwitaningrum, Wahdhah (2022) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa di MTs Negeri 1 Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206180062_Wahdhah Juwitaningrum_Manajemen Pendidikan Islam.docx

Download (1MB)

Abstract

Juwitaningrum, Wahdhah. 2022. Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa di MTs Negeri 1 Pacitan. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Aris Nurbawani, M.M.

Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Prestasi Non Akademik
Dalam suatu lembaga pendidikan banyaknya prestasi yang diraih siswanya merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan pengelolaan suatu lembaga pendidikan. Prestasi dibedakan menjadi dua yaitu prestasi akademik dan prestasi non akademik. Prestasi non akademik tidak kalah penting dengan prestasi akademik siswa. Manfaat menorehkan banyak prestasi non akademik bagi siswa yaitu, meningkatkan percaya diri pada siswa, mempunyai banyak relasi dan berpeluang mendapatkan beasiswa. Dalam usaha meningkatkan prestasi non akademik terdapat permasalahan yang dialami, antara lain yaitu tidak semua lembaga pendidikan mengakui, menghargai dan mendukung kegiatan non akademik siswa, maka dari itu diperlukan manajemen kesiswaan yang baik, solid serta terus memberikan dukungan dan motivasi kepada siswanya.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan perencanaan kesiswaan dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa (2) Mendeskripsikan pelaksanaan kesiswaan dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa (3) Mendeskripsikan evaluasi kesiswaan dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Milles and Huberman yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian tersebut diperoleh data bahwa: (1) Perencanaan kegiatan kesiswaan dalam bidang non akademik yaitu dibahas dalam sebuat rapat yang dihadiri kepala madrasah, waka dan guru-guru yang ada. Perencanaan diawali dengan menentuan pembina dan tim pada masing-masing ekstrakurikuler, penyusunan program kerja dan target, serta menentukan sumber pendanaan dan pengadakan sarana prasarana yang dibutuhkan. (2) Pelaksanaan pembinaan non akademik diawali dengan kegiatan rekruitmen peserta didik, dalam hal ini usaha menarik siswa berprestasi yaitu dengan program beasiswa dan seragam gratis. Kegiatan seleksi peserta didik, dilakukan pada ekstrakurikuler drumband yaitu pada penerimaan anggota baru sedangkan pada ekstrakurikuler lainya yaitu ketika menentukan perwakilan siswa yang akan mengikuti perlombaan. Orientasi peserta didik, dikenal dengan MATSAMA yaitu memperkenalkan ekstrakurikuler yang ada kepada siswa baru. Penempatan peserta didik, yaitu menempatkan siswa sesuai bakat minat yang dimiliki melalui angket yang disebarkan oleh wali kelas. Pembinaan kegiatan non akademik yang diterapkan seluruh ekstrakurikuler di MTs Negeri 1 Pacitan yaitu dengan mengadakan latihan secara rutin, meningkatkan teknik dasar, meningkatkan intensitas latihan ketika mendekati perlombaan, penerapan absensi kehadiran, memberikan motivasi kepada siswa serta bekerja sama dengan organisasi inti yaitu PDBI dan PBSI. (3) Evaluasi kegiatan non akademik dilakukan oleh pembina setelah diadakanya latihan rutin selain itu evaluasi juga dilakukan oleh kepala madrasah dengan melihat laporan yang disusun pembina setiap akhir semester. Hasil evaluasi tersebut dapat membandingkan target dengan pencapaian, mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung, dan apresiasi siswa berprestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aris Nurbawani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 01:58
Last Modified: 24 Nov 2022 01:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21810

Actions (login required)

View Item View Item