Pencerminan Karakter Cinta Damai dan Sikap Santun dalam Materi Interaksi Sosial Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Ma'arif 1 Ponorogo

Zubaidah, Sofia (2022) Pencerminan Karakter Cinta Damai dan Sikap Santun dalam Materi Interaksi Sosial Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Ma'arif 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180075_SOFIA ZUBAIDAH_TIPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Zubaidah, Sofia. 2022. Pencerminan Karakter Cinta Damai dan Sikap Santun dalam Materi Interaksi Sosial Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Ma’arif 1 Ponorogo, Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. M Syafiq Humaisi, M P.d
Kata Kunci: Karakter Cinta Damai, Mapel IPS
Sejalan dengan berkembangnya zaman, kondisi melunturnya karakter baik khususnya karakter cinta damai di kalangan siswa menjadi keprihatinan dan memerlukan perhatian bersama. Lunturnya karakter cinta damai di kalangan pelajar di tandai dengan menurunya sikap santun siswa terhadap guru, warga sekolah, dan sesama siswa, seperti; berkata kasar, tindakan bullying, berkurangnya sikap hormat siswa terhadap guru, dan enggan menghargai perbedaan berdasarkan unsur sara. Maka pencerminan karakter cinta damai dan sikap santun dalam materi interaksi sosial perlu dilakukan untuk menumbuhkan sikap empati siswa terhadap penyimpangan karakter cinta damai dan sikap santun dan mampu mengatasinya, pada saat proses pembelajaran merupakan waktu yang tepat untuk menanamkan dan menguatkan karakter cinta damai.
Tujuan penelitian ini adalah; (1) Untuk mendeskripsikan tahap-tahap pencerminan karakter cinta damai dan sikap santun dalam materi interaksi sosial mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Ma’arif 1 Ponorogo. (2) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat pencerminan karakter cinta damai dan sikap santun dalam materi interaksi sosial pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Ma’arif 1 Ponorogo. (3) Untuk mendeskripsikan hasil pencerminan karakter cinta damai dan sikap santun dalam materi interaksi sosial pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Ma’arif 1 Ponorogo.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif jenis studi-kaaus. Subyek Penelitian adalah Guru Mata Pelajaran IPS, Staf Waka Kesiswaan,dan Siswa Kelas VIII SMP Ma’arif 1 Ponorogo sedangkan obyek penelitian adalah Pencerminan Karakter cinta damai dan sikap Santun. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti mengunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, teknik dalam analisis data mengunakan model Miles, Huberman, and, Saldana, Yang terdiri dari; Pengumpulan Data, Kondensasi data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Keabsahan data mengunakan Triangulasi sumber.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) tahap-tahap mencerminkan karakter cinta damai dan sikap santun dalam materi interaksi sosial pada mata pelajaran diantaranya; memberikan penjelasan terkait materi interaksi sosial, melakukan diskusi terkait perilaku menyimpang dari karakter cinta damai dan sikap santun untuk membentuk sikap empati, dan mengajak siswa untuk mengevaluasi sendiri apakah tindakan cinta damai dan sikap santun perlu di kehidupanya. Selain melalui pembelajaran siswa juga di biasakan untuk mencerminkan karakter cinta damai dan sikap santun di lingkugan keluarga dan masyarakat. (2) faktor penghambat pencerminan karakter cinta damai dan sikap santun yaitu; faktor diri siswa, suka membolos, membantah ketika dinasihati oleh guru, mengantuk kelas, dan malu bertanya, faktor keluarga; kurangnya komunikasi antar keluarga, pegerseran peran orang tua dalam mencari nafkah dan brokenhome, dan faktor lingkungan; dimana siswa terpengaruh untuk berbicara kotor dan bersikap kotor dan bersikap santun karena ikut-ikutan teman-temannya di lingkungannya. (3) Hasil mencerminkan karakter cinta damai dan sikap santun dalam materi interaksi sosial pada mata pelajaran adalah siswa memiliki kesadaran akan pentingnya suasana kelas yang nyaman dan damai, pemahaman akan sesama siswa dan guru untuk selalu menjaga kenyamanan dan kedamaian di lingkungan kelas, keterampilan untuk mngevaluasi diri apakah tindakan karakter cinta damai dan sikap santun perlu dilakukan di kehidupanya , dan tindakan menghadapi persoalan kasus-kasus yang menyimpang dari karakter cinta damai dan sikap santun di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 08:26
Last Modified: 23 Nov 2022 08:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21805

Actions (login required)

View Item View Item