..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas V MIN 6 Ngawi

Susanto, Hermawan (2022) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas V MIN 6 Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180053_Hermawan Susanto_PGMI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Susanto, Hermawan. 2022. Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas V MIN 6 Ngawi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Anis Afifah, M.Pd.

Kata Kunci:Hasil Belajar, IPA, Problem Based Learning
Rendahnya hasil belajar siswa terkadang dipengaruhi oleh beberapa faktor dalam proses pembelajaran. Salah satu faktor yang membuat hasil belajar rendah atau kurang maksimal adalah pemilihan atau penerapan model belajar yang kurang efektif. Jika model pembelajaran yang digunakan kurang efektif pada siswa, tentunya akan membuat siswa merasa bosan dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Hal ini yang melatarbelakangi penelitian pada siswa kelas V di MIN 6 Ngawi. Kurang maksimalnya hasil belajar IPA siswa juga kurang terlibatnya siswa dalam pembelajaran IPA menyebabkan nilai hasil belajar siswa tergolong rendah dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan. Sehingga salah satu upaya yang dapat dilakukan sebagai alternatif solusi dari permasalahan tersebut adalah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA. Pemilihan model pembelajaran Problem Based Learning ini dikarenakan model ini sesuai dengan mata pelajaran IPA khususnya pada materi organ gerak hewan dan manusia di kelas V. Dimana didalam materi tersebut terdapat permasalahan mengenai organ gerak hewan dan manusia yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dengan menggunakan model ini siswa dapat berpikir secara kritis dalam memecahkan permasalahan tersebut. Siswa juga akan lebih terlibat aktif dalam kegiatan pembelajarannya dan akan lebih memahami materi pembelajaran dengan lebih baik, sehingga pada akhirnya dapat mempengaruhi hasil belajarnya dengan baik juga.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada kelas V di MIN 6 Ngawi, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada kelas V MIN 6 Ngawi.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang pelaksanaannya secara langsung dan bertahap. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A MIN 6 Ngawi yang berjumlah sebanyak 32 siswa dengan rincian, 13 siswa laki-laki dan 19 siswi perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes hasil belajar dan juga dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif melalui hasil tes belajar dan deskriptif kualitatif dengan menggunakan kalimat penggambaran data untuk memperoleh keterangan yang jelas.
Berdasarkan dari hasil penelitian ini bahwa, kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran IPA materi organ gerak hewan dan manusia di kelas V MIN 6 Ngawi. Hal ini terbukti pada siklus I dimana hasil belajar siswa masih kurang baik dan kurang maksimal. Dari total 32 siswa dalam satu kelas, terdapat 17 siswa atau 53% yang sudah tuntas tetapi disisi lain terdapat 15 siswa atau 47% yang masih belum tuntas dengan rata-rata nilai 76,5. Sehingga diperlukannya perbaikan yang maksimal dengan melanjutkan pada siklus II. Pada tahap siklus II, terdapat peningkatan dalam hasil belajar siswa. Dimana seluruh siswa sudah tuntas dengan persentanse ketuntasan 100% dengan rata-rata nilai 92.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 01:55
Last Modified: 24 Nov 2022 01:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21800

Actions (login required)

View Item View Item