KISAH NABI ADAM AS. DALAM TAFSIR AL-QURT}UBIY

ACHMAD, WAFIQ NUROCHMAN (2022) KISAH NABI ADAM AS. DALAM TAFSIR AL-QURT}UBIY. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ACHMAD WAFIQ NUROCHMAN 210417052.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Kisah, Nabi Adam AS., Al-Qurt{ubiy.
Qas{as{ Al-Qur'an adalah pemberitahuan Qur'an tentang hal ihwal umat yang telah lalu, nubuwwat (kenabian) yang terdahulu dan peristiwa yang telah terjadi. Salah satu kisah yang fenomenal adalah kisah Nabi Adam AS. Menurut Al-Qurt}ubiy Asal lafazh Adam adalah menggunakan dua hamzah ('A'adam). Sebab lafazh Adam ini sesuai dengan wazn af’ala, namun mereka bersikap lunak terhadap hamzah yang kedua. Nama asli Al-Qurt}ubiy adalah Imam Abu Abdilla>h Muh{ammad bin Ah{mad bin Abi Bakr bin Farh{ Al-Ans{a>ri> Al-Khazra>ji> Al-Andalusi> Al-Qurt{ubi>.
Penelitaian ini merupakan penelitian tafsir yang berbentuk tematik. Yaitu dengan menghimpun ayat Al-awur’an sesuai dengan judul dan tema yang akan di bahas, kemudian mengkaji dengan detail dan menyeluruh. Adapun hasil penelitiannya yaitu,kisah Nabi Adam dalam Al-Qur’an dapat dikelompokkan mennjadi 6 kelompok berdasarkan kronologi kisahnya. Yaitu, Rencana Penciptaan dan Penciptaan Nabi Adam AS, Nabi Adam AS. diajarkan nama-nama benda oleh Allah, Sujudnya para malaikat kepada Nabi Adam AS., Nabi Adam AS. Tinggal di surga, Nabi Adam AS. Diturunkan ke dunia, dan KIsah Nabi Adam AS. bertaubat. Dalam menfasirkan ayat-ayat tentang kisah Nabi Adam AS. ini, Al-Qurt}ubiy dengan gaya tafsirnya yang bercorak fiqhiy, tetap mempertahankan gaya penafirannya. Yaitu dengan mengemukakan pendapat ulama-ulama kemudian memberikan komentar atas pendapat ulama tersebut, bahkan ia men-tarjih dianatar pendapat-pendaat tersebut. Tak lupa ia juga menyertakan hadis-hadis yang berkaitan dengan pembahasan ayat dan menyertakan makna perkata dengan detail.
Hikmah yang bisa dipetik dari Kisah Nabi Adam AS. Ini, di antaranya, hikmah dari penciptaan Nabi Adam AS. yaitu, penciptaan manusia dari tanah yang mengisyaratkan manusia untuk tetap bersikap rendah hati kepada sesama makhluk. Hikmah dari kisah Nabi Adam AS. Diajarkan nama-nama oleh Allah ini adalah, betapa Allah memuliakan manusia dengan membekalinya pengetahuan. Dalam kisah Nabi Adam AS. Tinggal di surga sampai dengan diturunkan ke dunia ini kita dapat mengambil hikmah bahwasannya barang siapa menaati perintah Allah, maka Allah menjanjikan kenikmatan yang sempurna. Namun jika kita mendurhakai perintahnya maka kesengsaraan adalah akibat darinya. Selain itu kita diberitahu betapa liciknya syetan dalam memperdaya manusia agar mendurhakai Allah. Dari kisah Nabi Adam AS. bertaubat. ini kita dapat memetik hikmah, bahwasannya seseorang yang telah berbuat dosa diperintahkan untuk bertaubat dengan sesungguh-sungguhnya. Dan ketika Nabi Adam tinggal di surga dan melanggar larangan Allah, ia belum diangkat menjadi nabi. Jadi belum ada sifat ma’s}u>m ketika dosa itu diperbuat oleh Nabi Adam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. Muh. Tasrif, M.Ag.
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 01:54
Last Modified: 24 Nov 2022 01:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21799

Actions (login required)

View Item View Item