Peran Kyai Dalam Pengembangan Life Skill Santri di Pondok Pesantren Hudatul Muna Ponorogo

Arba'i, Muklis (2022) Peran Kyai Dalam Pengembangan Life Skill Santri di Pondok Pesantren Hudatul Muna Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316276_MUKLIS ARBA'I_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Arba’i, Muklis. 2022. Peran Kyai Dalam Pengembangan Life Skil Santri Di Pondok Pesantren Hudatul Muna Ponorogo. Skripsi, Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Arif Wibowo, M.Pd.I.
Kata Kunci: Peran Kyai, Life Skill, Santri
Fenomena yang terjadi saat ini banyaknya angka pengangguran di Indonesia yang berpotensi menimbulkan kerawanan sosial, pengembangan bakat dan potensi dalam diri yang jarang diasah, tingginya tingkat lulusan sekolah tanpa bekal keterampilan, keterbatasan keterampilan yang dimiliki dan arus globalisasi dan berkembangnya teknologi. Peran Kyai di dalam dunia pesantren sebagai pengerak dalam mengemban dan mengembangkan pesantren sesuai dengan pola yang dikehendaki. Di Pondok Pesantren Hudatul Muna ini Kyai berperan dalam pengembangan life skill melalui kegiatan kewirausahaan untuk membekali santri setelah keluar dari pesantren. Sehingga santri-santrinya memiliki keterampilan yang bisa digunakan untuk berwirausaha.
Penelitian ini bertujuan untuk; Mengetahui peran Kyai dalam mengembangkan Life Skill santri di Pondok Pesantren Hudatul Muna Ponorogo, Mengetahui faktor pendukung dan kendala Kyai dalam mengembangkan Life Skill santri di pondok Pesantren Hudatul Muna Ponorogo, Mengetahui dampak peran Kyai terhadap perkembangan Life Skill santri di Pondok Pesantren Hudatul Muna Ponorogo.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualititif dengan jenis penelitian studi kasus (case study) yaitu dengan menyajikan gambaran tentang peran Kyai Pondok Pesantren Hudatul Muna Jenes Ponorogo dalam pengembangan life skill santri, faktor pendukung dan penghambat pengembangan life skill dan bagaimana dampak peran Kyai terhadap life skill santri di Pondok Pesantren Hudatul Muna Jenes Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisa proses meliputi; 1) reduksi data, 2) display data, dan 3) penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah; 1) Peran Kyai dalam Mengembangkan Life Skill Santri di Pondok Pesantren Hudatul Muna Ponorogo diantaranya sebagai; a. Kyai sebagai Visioner , b. Kyai sebagai Komunikator, c. Kyai sebagai Motivator, d. Kyai sebagai Inovator, dan e. Kyai sebagai Edukator. 2) Faktor pendukung dan penghambat pengembangan life skill santri di Pondok Pesantren Hudatul Muna Jenes Ponorogo, diantaranya; a. faktor pendukung; adanya minat dan semangat yang tinggi dari santri, tersedianya alat dan waktu yang memadai, selalu ada motivasi, dan keterampilan memanfaatkan SDA yang ada dengan memanfaatkan barang bekas yang diolah menjadi kreatifitas yang memiliki nilai jual tinggi. b. faktor penghambat; kurangnya modal, kurangnya tenaga ahli, dan kurangnya pemahaman santri terhadap pentingnya mengikuti kegiatan pengembangan life skill yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Hudatul Muna Jenes Ponorogo. 3) Dampak Peran Kyai terhadap Perkembangan Life Skill Santri di Pondok Pesantren Hudatul Muna Ponorogo diantaranya; memiliki kecakapan mengendalikan diri (self awarnest), santri memiliki kemampuan berpikir rasional (thinking skill), santri memiliki kecakapan sosial (soscial skill), santri memiliki kecakapan akademik (academik skill), dan santri memiliki kecakapan vokasional (vocational skill).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 01:49
Last Modified: 24 Nov 2022 01:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21794

Actions (login required)

View Item View Item