Upaya Kiai dalam Internalisasi Akhlakul Karimah di Pondok Pesantren Mamba'ul Hikmah Ponorogo

Rahayuningtyas, Rizqi Diyanita (2022) Upaya Kiai dalam Internalisasi Akhlakul Karimah di Pondok Pesantren Mamba'ul Hikmah Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180426_RIZQI DIYANITA RAHAYUNINGTYAS_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rahayuningtyas, Rizqi Diyanita. 2022. Upaya Kiai dalam Internalisasi Akhlakul Karimah di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Mughniatul Ilma, M.H
Kata kunci : Upaya Kiai, Internalisasi, Pondok Pesantren Mambaul Hikmah.
Penelitian ini di latar belakangi oleh sikap remaja yang tidak mecerminkan akhlak yang baik dalam kehidupannya sehari-hari. Problematika akhlak semakin hari semakin menunjukan penurunan dimana masalah ini menjadi hal yang paling serius yang dihadapi di berbagai lembaga pendidikan islam termasuk di pesantren, berdasarkan hasil pra penelitian di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah Ponorogo masih ditemui beberapa penyelewengan santri terhadap peraturan yang diterapkan pada pondok pesantren. hal ini tentunya menjadi tantangan bagi kiai untuk memberikan penanganan sesuai permasalahan santri sebagai bentuk dari proses pendidikan akhlak. dengan hal ini maka peneliti ingin menggali lebih lanjut tentang bagaimana upaya kiai dalam membina akhlak para santrinya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk internalisasi akhlakul karimah oleh kiai di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah. Dengan harapan konsep yang diterapkan oleh kiai saat ini yang awalnya hanya berskala dalam lingkungan pondok pesantren kedepanya bisa diterapkan dalam semua lembaga pendidikan.
Penelitian ini dirancang dengan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan untuk teknis yang digunakan dalam analisis data penulis mengikuti teori yang di tuliskan olleh Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi data collection, data condensation data display dan conclusions drawing.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa 1) Upaya yang dilakukan oleh kiai dalam Internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah melalui pengajian kitab-kitab kuning, pemberian keteladanan dan penerapan peraturan (piranti-piranti) yang meliputi sesanti-santri, dasa jiwa kapribaden santri, dasa kewajiban santri, dasa pantang santri dan manhaj lima asas tiga. 2) Dalam upaya kiai dalam internalisasi akhlakul karimah terhadap santri tentunya ada faktor pendukung maupun faktor yang menjadi kendala. Faktor yang menjadi kendala disebabkan beberapa hal diantaranya adalah kurangnya kesadaran dalam diri santri, kurangnya kemantaban niat dan tekad, Terjadinya intimitas perasaan lawan jenis. Adapun yang menjadi faktor pendukung dari proses upaya yang dilakukan oleh kiai dalam internalisasi akhlakul karimah di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah adalah santri berkesadaran untuk menjaga dan mentaati semua peraturan. Santri juga memilki kemampuan untuk mengamalkan Sesanti Santri Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah yaitu santri mampu untuk berdzikir kuat, mampu berpikir cepat, mampu bertindak tepat dan mampu berjama’ah rapat. Dampak dari internalisasi tersebut terhadap santri pondok pesantren mambaul hikmah yaitu terciptanya seorang santri yang memiliki kognitif bagus serta dibarengi dengan adab dan akhlak yang baik, sehingga santri kelak akan bisa menjadi insan kamil (menjadi manusia yang sempurna) dari segi keilmuan maupun dari segi atitude (etika).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mughniatul Ilma
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:03
Last Modified: 23 Nov 2022 06:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21785

Actions (login required)

View Item View Item