Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Muhadharah Dalam Meningkatkan Sikap Spiritual Siswa di MTs Ma’arif Klego

Karmelia, Emi (2022) Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Muhadharah Dalam Meningkatkan Sikap Spiritual Siswa di MTs Ma’arif Klego. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180304_EMI KARMELIA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Karmelia, Emi. 2022, Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Muhadharah Dalam Meningkatkan Sikap Spiritual Siswa di MTs Ma’arif Klego. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Heriyudanta, M.Pd.I

Kata Kunci: Kegiatan Ekstrakurikuler keagamaan, Muhadharah dan Sikap Spiritual Siswa

MTs Ma’arif Klego merupakan madrasah yang berbasis pondok pesantren. Meskipun berbasis pondok pesantren, sikap spiritual tidak akan tumbuh apabila tidak adanya pembiasaan-pembiasaan atau adanya praktek yang khusus yang dapat menumbuhkan sikap spiritual pada siswa. Oleh karena itu, salah satu upaya MTs Ma’arif Klego dalam meningkatkan sikap spiritual siswa adalah dengan diadakannya program kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Salah satunya yaitu kegiatan ekstrakurikuler keagamaan muhadharah. Proses pembiasaan-pembiasaan dari nilai-nilai program kegiatan muhadharah ini akan menjadi point penting dalam meningkatkan sikap spiritual siswa. Kegiatan ini dilaksanakan setiap satu bulan sekali dengan petugas yang bergantian, sebagai upaya dalam meningkatkan sikap spiritual terhadap siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Menjelaskan perencanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan muhadharah dalam meningkatkan sikap spiritual siswa di MTs Ma’arif Klego. (2) Menjelaskan pelaksanaan dari kegiatan ekstrakurikuler keagamaan muhadharah dalam meningkatkan sikap spiritual siswa. (3) menjelaskan evaluasi dari kegiatan ekstrakurikuler keagamaan muhadharah dalam meningkatkan sikap spiritual siswa.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yangmana peneliti mendeskripsikan tentang kegiatan ekstrakurikuler keagamaan muhadharah dalam meningkatkan sikap spiritual siswa di MTs Ma’arif Klego. Adapun pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggabungkan reduksi data dan penyajian data kemudian ditarik kesimpulan dari hasil penelitian.

Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) pada tahap perencanaan pada program kegiatan ekstrakurikuler keagamaan muhadharah memerlukan adanya suatu persiapan. Dan dalam penyiapan dalam kegiatan tersebut tentunya memerlukan sarana prasarana yang memadai serta sinergi atau kerjasama antara pembimbing, pihak pendidik dan peserta didik. Dengan harapan apabila erjadi sinergi yang baik, maka tujuan kestrakurikuler keagamaan muhadharah di MTs Ma’arif Klego akan terwujud. (2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan muhadharah dilaksanakan dalam estimasi waktu satu bulan sekali dengan dua sistem yaitu muhadharah sughro dan muhadharah kubro secara bergantian. Kegiatan muhadharah dilaksanakan sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Kegiatan muhadharah sugro dilaksanakan dalam lingkup perkelas. Sedangkan untuk muhadharah kubro dilaksanakan kegiatan yang diikuti oleh peserta didik dalam satu ruangan atau aula. Faktor yang mendukung kegiatan tersebut yaitu pendidik dan peserta didik yang aktif. Sedangkan untuk faktor yang menghambat kegiatan tersebut yaitu membuat teks pidato, fasilitas yang kurang memadai, malas, demam panggung. (3) Evaluasi dari pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan muhdharah dalam meningkatkan sikap spiritual siswa di MTs Ma’arif Klego adalah dengan memberikan kritik dan saran setelah kegiatan tersebut dan mengadakan musyawarah bulanan antar koordinator kegiatan dan masukan dari pihak pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:03
Last Modified: 23 Nov 2022 06:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21777

Actions (login required)

View Item View Item