KEPEMIMPINAN DALAM MENCAPAI VISI LEMBAGA DI MTs DARUL MUTTAQIN PATIHAN WETAN

Yusuf, Bagus Muhammad (2022) KEPEMIMPINAN DALAM MENCAPAI VISI LEMBAGA DI MTs DARUL MUTTAQIN PATIHAN WETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180081_Bagus Muhammad Yusuf_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Yusuf, Bagus Muhammad. 2022. Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mencapai Visi Lembaga di MTs Darul Muttaqin Patihan Wetan. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Wahid Hariyanto, M.Pd.I.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Visi, Kepala Sekolah
Tugas yang diemban seorang kepala madrasah sangatlah berat, oleh karena itu dibutuhkan segala persiapan yang matang untuk menghadapi segala tantangan lembaga. Sebuah lembaga pendidikan tidak dapat dipisahkan dengan sebuah visi, usaha dalam mencapai visi inilah yang menjadi tantangan kepala madrasahdalam mengelola lembaga pendidikannya. Penyebab gagalnya mencapai visi lembaga yaitu kurangnya disiplin dan mental yang rendah dari kepala madrasah dalam mengemban tugas, kurangnya pengetahuan, tidak tepat waktu, tidak mampu bersosialisasi dengan baik serta tidak mempunyai kemampuan manajerial yang baik menyebabkan rendahnya produktivitas kinerja kepala madrasah yang berdampak pada mutu pendidikan sekolah. Oleh karena itu, perlu dijadikan bahan evaluasi di mana seharusnya kepala madrasah dapat memberikan upaya atau usaha yang maksimal bagi setiap lembaga yang berada dalam naungan kepala madrasah tersebut. Sehingga dalam program kepala madrasah berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan serta visi yang telah ditetapkan oleh suatu lembaga dapat terwujud dan tercapai secara maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis strategi kepala madrasah dalam mencapai visi lembaga di MTs Darul Muttaqin. (2) Mengetahui dan menganalisis gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam mencapai visi lembaga di Mts Darul Muttaqin. (3) Mengetahui dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala madrasah dalam mencapai visi lembaga di Mts Darul Muttaqin.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan kondensasi data, menyajikan data dan kesimpulan. Selanjutnya uji keabsahan data dilakukan dengan pendekatan berdasarkan lamanya waktu penelitian, triangulasi sumber dan metode.
Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa: (1) Strategi yang dilakukan oleh kepala madrasah MTs Darul Muttaqin yaitu membaca visi, memahami makna dari visi tersebut, dan meneliti atau melakukan riset terhadap visi madrasah yang menjadi nilai dari madrasah itu sendiri, melihat serta memahami misi madrasah, melakukan pendekatan secara langsung terhadap seluruh elemen, pengambilan keputusan secara musyawarah mufakat melalui agenda rapat, melakukan pengembangan dari strategi yang telah ada sebelumnya, adanya proses evaluasi yang dilakukan oleh kepala madrasah. (2) Gaya kepemimpinan yang digunakan oleh kepala MTs Darul Muttaqin adalah gaya kepemimpinan demokratis, otoriter, dan gaya kepemimpinan situasional. Gaya kepemimpinan tersebut disesuaikan dengan kondisi yang terjadi dalam pada lingkup kepemimpinan kepala MTs Darul Muttaqin. (3) Gaya kepemimpinan merupakan salah satu faktor pendukung internal yang dimiliki kepala madrasah dalam mencapai tujuan visi lembaga, selain itu terdapat pendukung lain dari faktor internal yaitu adanya kerja sama dan komunikasi yang baik antara kepala madrasah dengan bawahan, dari faktor eksternal yaitu adanya support penuh yang dilakukan oleh pihak yayasan Darul Muttaqin dalam upaya kepala madrasah mencapai visi lembaga. Sedangkan faktor penghambatnya dari ekternal yaitu adanya program dari Kemenag yang terjadi di luar agenda dan belum bisa terlaksana secara maksimal, dan dari internal yaitu fasilitas yang kurang memadai, adanya kecocok-cocokan antar setiap anggota lembaga MTs Darul Muttaqin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 01:44
Last Modified: 24 Nov 2022 01:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21774

Actions (login required)

View Item View Item