Upaya Tokoh Agama Dalam Meningkatkan Toleransi Beragama Antarmasyarakat Pada Era 4.0 Di Desa Kerang, Takeran, Magetan

Sholikhah, Layla Nikmatu (2022) Upaya Tokoh Agama Dalam Meningkatkan Toleransi Beragama Antarmasyarakat Pada Era 4.0 Di Desa Kerang, Takeran, Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 201180351 LAYLA NIKMATU SHOLIKHAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sholikhah, Layla Nikmatu. 2022. Upaya Tokoh Agama dalam Meningkatkan Toleransi Beragama Antarmasyarakat pada Era 4.0 di Desa Kerang, Takeran Magetan. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Ayunda Riska Puspita, M.A.
Kata Kunci: Tokoh Agama, Toleransi Beragama, Era 4.0

Penelitian ini dilatarbelakangi toleransi beragama antarmasyarakat pada era 4.0 di Desa Kerang. Desa Kerang memiliki dua agama yaitu agama Islam dan Kristen, namun mayoritas penduduknya menganut agama Islam. Perkembangan teknologi yang semakin maju seperti di era 4.0 sangat rentan dalam toleransi beragama antarmasyarakat yang disebabkan oleh berbagai ancaman meliputi ujaran kebencian, hoax, mengadu domba dan lain-lain melalui media sosial ataupun teknologi informasi lainnya. Di era 4.0 masyarakat harus lebih memperhatikan sikap toleransi agar kerukunan antarmasyarakat tetap terjaga. Maka, toleransi di Desa Kerang diperlukan adanya interaksi sosial dan penanaman nilai-nilai toleransi yang sudah ditanamkan sejak usia dini sehingga di era 4.0 kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat tidak terganggu oleh perbedaan agama.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan toleransi beragama di Desa Kerang, Takeran, Magetan; (2) mendeskripsikan upaya tokoh agama dalam meningkatkan toleransi beragama antarmasyarakat pada era 4.0 di Desa Kerang, Takeran, Magetan; (3) mendeskripsikan kendala yang terjadi dalam meningkatkan toleransi beragama antarmasyarakat pada era 4.0 di Desa Kerang, Takeran, Magetan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yang diambil ialah masyarakat Desa Kerang dan tokoh Agama Desa Kerang. Data penelitian yang diambil adalah upaya tokoh agama dalam meningkatkan toleransi beragama antarmasyarakat pada era 4.0 di Desa Kerang, Takeran, Magetan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara untuk melengkapi informasi data yang diperoleh oleh peneliti. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) toleransi beragama yang ada di Desa Kerang, Takeran, Magetan, yaitu saling menghormati dan menghargai antarmasyarakat baik muslim maupun nonmuslim untuk menjaga kerukunan masyarakat Desa Kerang dengan memberikan kebebasan dalam beragama tanpa memaksakan untuk menganut agama; (2) upaya tokoh agama dalam meningkatkan toleransi beragama antarmasyarakat pada era 4.0 di Desa Kerang, Takeran, Magetan dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat tokoh agama dalam menyampaikan nasehat dan pengarahan kepada masyarakat melalui penyuluhan terkait keagamaan dan kegiatan-kegiatan seperti majelis ta’lim, Arisan PKK, TPQ, dan lain-lain agar tidak menimbulkan kesalahpahaman terkait ajaran agama; (3) kendala yang terjadi dalam meningkatkan toleransi beragama antarmasyarakat pada era 4.0 di Desa Kerang, Takeran, Magetan hanya sebagian kecil kalangan orang tua dan kaum awam yang kurang dalam pemahaman ajaran agama sehingga mereka lebih fanatisme terhadap sesuatu dan memiliki pola pikir yang kaku. Jadi, di Desa Kerang dalam toleransi beragama mereka menanamkan sikap saling menghargai dan menghormati tanpa memaksa untuk menganut agama terlebih pada era 4.0 tokoh agama berusaha untuk memberikan nasehat dan pengarahan melalui penyuluhan agar ajaran agama tetap tersampaikan sehingga tidak menimbulkan pertentangan antara ajaran agama muslim maupun nonmuslim yang mengakibatkan sebagian kecil kaum awam dan orang tua lebih fanatisme terhadap ajaran agama yang mereka dapatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:49
Last Modified: 23 Nov 2022 04:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21765

Actions (login required)

View Item View Item