Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Kelas 5 Di SDN Pingkuk 5 Magetan

Wulandari, Mita Dwi (2022) Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Kelas 5 Di SDN Pingkuk 5 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180197_MITA DWI WULANDARI_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran adalah suatu kegiatan yang melibatkan otak sebagai suatu alat untuk melakukan proses berpikir, sehingga tidak menutup kemungkinan dapat membuat daya kreativitas siswa kurang terasah bahkan dapat menimbulkan permasalahan ketika belajar. Problematika dalam pembelajaran selama ini ialah kurang dikemasnya pembelajaran dengan model pembelajaran yang menarik, menantang dan menyenangkan. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SDN Pingkuk 5 diketahui bahwa dalam proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran IPS masih menggunakan model pembelajaran konvensional seperti penggunaan metode ceramah dalam penyampaian materi. Penggunaan model pembelajaran yang masih bersifat konvensional dapat mengakibatkan siswa merasa jenuh selama proses pembelajaran berlangsung. Maka perlu adanya inovasi model pembelajaran yang efektif, kreatif dan inovatif. Model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran mind mapping.
Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran mind mapping pada pelajaran IPS kelas 5 di SDN Pingkuk 5 Magetan. (2) mendeskripsikan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran IPS kelas 5 di SDN Pingkuk 5 Magetan.
Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas 5 SDN Pingkuk 5 yang berjumlah 8 siswa. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Pingkuk 5.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa. Pada tahap pra siklus persentase kreativitas siswa sebesar 50%. Pada siklus 1 terjadi peningkatan menjadi 62,5% (cukup kreatif) kemudian siklus II mengalami peningkatan lagi sebesar 87,5% (kreatif). Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran mind mappinng dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa di SDN Pingkuk 5

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 01:37
Last Modified: 24 Nov 2022 01:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21750

Actions (login required)

View Item View Item