STUDI KOMPARASI PERHITUNGAN AWAL BULAN KAMARIAH ANTARA METODE KITAB TIBYANUL MURID DAN METODE EPHIMERIS

Fitrianti, Aan Alfrida (2022) STUDI KOMPARASI PERHITUNGAN AWAL BULAN KAMARIAH ANTARA METODE KITAB TIBYANUL MURID DAN METODE EPHIMERIS. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210117076_AAN ALFRIDA FITRIANTI_HKI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Fitrianti, Aan Alfrida, 2022. Studi Komparasi Perhitungan Awal Bulan Kamariah antara Metode Kitab Tibyanul Murid Dan Metode Ephimeris. Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Shofwatul Aini, S. Ag., M. S. I.

Kata kunci/keyword: Metode perhitungan Awal Bulan Kamariah, metode Kitab tibyanul Murid , dan metode Ephimeris.
Metode perhitungan awal bulan kamariah merupakan metode perhitungan dalam menentukan peristiwa-peristiwa penting untuk melaksanakan ibadah-ibadah terkait yang telah ditetapkan dalam Agama Islam. Dalam menentukan waktu dalam Islam telah adanya suatu disiplin ilmu yakni Ilmu Falak, dengan dua teori yakni hisab dan rukyat. Berangkat dari dua hal tersebut munculah beragam aliran-aliran berbagai kriteria untuk mendampingi sistem hisab dan rukyat sebagai penentual awal bulan Kamariah, termasuk kitab Tibyanul Murid dan metode Ephimeris. Kedua metode ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Kedua referensi metode hisab awal bulan kamariah tersebut memiliki algoritma dan data yang berbeda, sehingga berbeda pula proses perhitungannya, namun nilai yang dihasilkan hanya memiliki selisih pada menit dan detik saja.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Perhitungan Awal Bulan Kamariah yang diterapkan Kitab Tibyanul Murid dan Metode Ephimeris?. Bagaimana Komparasi Perhitungan awal Bulan Kamariah dalam kitab Tibyanul Murid dan Metode ephemeris ?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (Library Research) dengan menelaah data-data dan dokumentasi yang tersurat dalam kitab tibyanul murid dan data perhitungan ephemeris. Sedangkan teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metote Dokumentasi, yakni dengan cara menghimpun kitab-kitab, buku-buku, jurnal-jurnal, artikel-artikel, karya tulis, dan seluruh dokumen yang berkaitan dengan perhitungan awal Bulan kamariah. Analisis yang digunakan penulis adalah analisis komparatif melalui teknik deskriptif lalu menarik kesimpulan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Dalam perhitungan awal Bulan kamariah, antara kitab Tibyanul Murid maupun metode Ephimeris keduanya menggunakan metode hisab kontemporer, dimana hisab ini merupakan perkembangan dari penyempurnaan hisab haqiqi bi at-Tahqiq, sehingga hasil akurasinya sangat baik, hal ini terbukti dengan parameter perhitungan awal Bulan kamariah menggunakann algoritma Almanac Nautika, 2) Hasil komparasi perhitungan awal bulan kamariah antara kitab Tibyanul Murid dan Metode Ephimeris hanya berbeda pada menit dan detik saja. Akan tetapi dari perhitungan tersebut yang hampir mendekati parameter perhitungan almanak nautika adalah metode perhitungan dengan menggunakan Kitab Tibyanul Murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shofwatul Aini
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:43
Last Modified: 23 Nov 2022 04:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21746

Actions (login required)

View Item View Item