Komparasi Hasil Belajar IPA Terhadap Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualisation, Intelectually) Siswa Kelas V MI Salafiyah Barek Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun

Prianda, Fahreza Aziz (2022) Komparasi Hasil Belajar IPA Terhadap Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualisation, Intelectually) Siswa Kelas V MI Salafiyah Barek Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 203180169 FAHREZA AZIZ PRIANDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar dikelas sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran yang baik dan tepat akan menghasilkan nilai yang baik juga. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku seseorang dari keadaan tidak tahu menjadi tahu, tidak paham menjadi paham dan lebih mampu. Hasil belajar dibagi menjadi 3 bagian yaitu, 1) Keterampilan dan kebiasaan; 2) Pengetahuan dan pengertian; dan 3) Sikap dan cita-cita. Hasil belajar ini akan melekat terus pada diri siswa karena sudah menjadi bagian dalam kehidupan siswa tersebut
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adalah untuk mengetahuai apakah terdapat pengaruh dengan penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualisation, Intellectually) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di MI Salafiyah Barek Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan bentuk desain posttest-only control design, dengan menggunakan satu kali test yaitu post test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji homogenitas, uji normalitas, dan uji independent t test.
Berdasarkan hasil uji t test, nilai t hitung sebesar 3.350 lebih besar daripada nilai t tabel yaitu 1,685. Apabila diamati dari nilai signifikansi yaitu sebesar 0,02 dan dibandingkan dengan 0,05 maka nilai signifikansi 0,02 lebih besar daripada 0,05. Artinya, Ho ditolak dan Ha diterima. Bedasarkan hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectualy) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MI Salafiyah Barek” adalah benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fu'adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:17
Last Modified: 23 Nov 2022 04:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21743

Actions (login required)

View Item View Item