..(LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM DITANDA TANGANI, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..ANALISIS EKONOMI SYARIAH TERHADAP KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH DI PONOROGO DALAM PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP SYARIAH

Rosilawati, Wahyu (2022) ..(LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM DITANDA TANGANI, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..ANALISIS EKONOMI SYARIAH TERHADAP KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH DI PONOROGO DALAM PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP SYARIAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Publikasi Wahyu Indah Rosilawati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wahyu Indah Rosilawati, 2022. Analisis Ekonomi Syariah Terahap Koperasi Jasa Keuangan Syariah Di Ponorogo Dalam Penerapan Prinsip-prinsip Syariah. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonoi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing. M. Ilham Tanzilulloh, M. H. I.
Kata kunci/keyword: Analisis Ekonomi Syariah Terhadap Perkembangan Koperasi
Dalam penelitian ini berangkat dari banyaknya masyarakat yang semakin hari semakin banyak kebutuhan ataupun modal usaha, salah satunya pinjaman dengan sistem syaeiah, dalam transaksi pinjam meminjam banyak yang di lakukan agar dapat memberikan kemudahan dan belum di ketahui status hukumnya apakah boleh atau tidak dalam hukum islam. Banyak lembaga keuangan di ponorogo yang mana dalam transaksinya menggunakan akad syariah.
Rumusan maalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Analisis Ekonomi Syariah Terhadap nisbah bagi hasil pada prodak pembiayaan di Koperasi Jasa Keuangan Syariah kecamatan Ponorogo?(2) Bagaiamana Analisis Ekonomi Syariah terhadap penetapan Jaminan pada prodak pembiayaan di Koperasi Jasa Keuangan Syariah kecamatan Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan peneliti merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif , sedangkan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu proses berfikir dari fakta empiris yang didapat di lapangan (berupa data lapangan), yang kemudian data tersebut dianalisis, dan berakhir dengan kesimpulan terhadap permasalahan yang diteliti berdasarkan pada data yang diperoleh dari lapangan.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan abhawa dalam praktik pinjam meminjam dengan sistem syariah dimana ada beberapa lembaga keuangan yang di dalamnya menggunakan akad syaraiah tetapi praktikya masih menggunakan sistem konvensional dan ada beberapa yang memang sudah benar-benar sesuai dengan akad syariah ynag telah ditentukan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Ilham Tanzilullah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:16
Last Modified: 23 Nov 2022 04:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21739

Actions (login required)

View Item View Item