Program Keagamaan Berbasis Pesantren Sebagai Upaya Penguatan Karakter Islami Siswa (Studi Kasus di Bakti Ummah Islamic Boarding School of SMA Bakti Ponorogo)

Sari, Linda Nofita (2022) Program Keagamaan Berbasis Pesantren Sebagai Upaya Penguatan Karakter Islami Siswa (Studi Kasus di Bakti Ummah Islamic Boarding School of SMA Bakti Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210317200_LINDA_NOFITA_SARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sari, Linda Nofita. 2022. Program Keagamaan Berbasis Pesantren Sebagai Upaya Penguatan Karakter Islami Siswa (Studi Kasus di Bakti Ummah Islamic Boarding School of SMA Bakti Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Wahid Hariyanto, M.Pd.I.

Kata Kunci: Program Keagamaan, Pesantren, Karakter Islami
Pendidikan karaktermasih menjadi perhatian khusus didunia pendidikan. Penanaman karakter tidak cukup dilaksanakan di sekolah. Butuh trobosan khusus sebagaimana di SMA Bakti Ponorogo. SMA Bakti Ponorogo membuat program keagamaan berbasis pesantren untuk menguatkan karakter siswanya. Pendidikan karakter merupakan hal yang sangat penting, di mana hal ini sangat berkaitan dengan akhlak yang melekat pada diri seseorang yang kemudian menjadi kepribadian dan ciri khas individu.
Penelitian ini berjuan untuk menjelaskan (1) Bentuk-bentuk program keagamaan berbasis pesantren yang ada di Islwaktu Bakti Ummah SMA Bakti Ponorogo, (2) Pelaksanaan program keagamaan berbasis pesantren sebagai upaya penguatan karakter islami siswa, (3) Dampak adanya program keagamaan berbasis pesantren terhadap penguatan karakter islami siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yang dalam pengambilan datanya diperoleh melali wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis model Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Adapun hasil dalam menjawab rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bentuk-bentuk program keagamaan yang ada di Islamic Boarding School Bakti Ummah SMA Bakti Ponorogo adalah kajian kitab, hafalan al-Qur’an (tahfidz), sorogan al-Qur’an, puasa sunnah, salat berjama’ah (sunnah dan wajib), hadroh, dan PHBI. (2) Pelaksanaan program keagamaan berbasis pesantren dilaksanakan melalui perumusan kebijakan, penentuan tentor dan pemenuhan fasilitas bagi santrinya. Kebijakan yang diterapkan kepada santri diwujudkan melalui jadwal kegiatan dan juga tata tertib. Sedangkan penentuan tentor dipilih melalui guru PAI dan tentor khusus yang berada di pondok. Dan untuk pemenuhan fasititas belajarnya dipenuhi dengan fasilitas berupa ruang kelas untuk pembelajaran kitab dan juga aula. (3) Dampak adanya program Islamic Boarding School Bakti Ummah dapat dilihat melalui dimensi keagamaan (religiusitas) yaitu dimensi ideologis (religius belief), ritualistik (religius practice), intelektual (religius knowledge), konsekuensial (religius effect).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:37
Last Modified: 23 Nov 2022 04:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21738

Actions (login required)

View Item View Item