..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Dampak Nusyuz Istri Pada Keharmonisan Rumah Tangga Di Era Pandemi (Studi Kasus Di Desa Nglandung Kecamatan Geger Kabupaten Madiun)

Zakiyatunnisa', Zakiyatunnisa' (2022) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Dampak Nusyuz Istri Pada Keharmonisan Rumah Tangga Di Era Pandemi (Studi Kasus Di Desa Nglandung Kecamatan Geger Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
101180232- Zakiyatunnisa'- Hukum Keluarga Islam..pdf

Download (941kB) | Preview

Abstract

Manusia yang ada dimuka bumi dianjurkan untuk melakukan perkawinan. Akan tetapi dalam sebuah rumah tangga perjalanan tidak selalu berjalan dengan mulus, terkadang banyak manusia yang tidak melakukan hak dan kewajibannya. Seperti halnya yang terjadi di desa Nglandung Kecamatan Geger Kabupaten Madiun, terdapat seorang istri yang melakukan Nusyuz atau melakukan pertentangan terhadap suami. Padahal, di dalam Sosiologi Hukum Islam pertentangan tersebut tidak boleh dilakukan karena akan menimbulkan konflik sosial.
Berdasarkan pemaparan diatas rumusan masalah yang diambil pada penelitian ini yaitu Bagaimana Tinjauan Sosiologi Hukum Terhadap Alasan Nusyuz Istri Kepada Suami Di Desa Nglandung Kecamatan Geger Kabupaten Madiun Di Era Pandemi? Bagaimana Tinjauan Sosiologi Hukum Terhadap Dampak Istri Yang Nusyuz Pada Keharmonisan Keluarga Di Desa Nglandung Kecamatan Geger Kabupaten Madiun Diera Pandemi?
Adapun penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris (yuridis empiris) dengan Jenis penelitian yang digunakan peneliti ini yaitu penelitian lapangan (field research) karena penelitian ini berada di Desa Nglandung Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Dan Peneliti juga menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi, metode analisis yang digunakan yaitu dengan metode induktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa alasan dari penyebab adanya ketidakharmonisan dalam rumah tangga yang menyebabkan istri berbuat Nusyuz dan emosi yang tidak terkontrol. Sehingga berdasarkan dalam surat Al-Baqarah ayat 233 dan Pasal 83 Ayat 1 alasan tersebut dikategorikan dalam perbuatan Nusyuz. Sedangkan di dalam teori sosiologi hukum Islam alasan tersebut masuk dalam kategori karakteristik manusiawi. Sedangkan Perbuatan Nusyuz Istri berdampak pada kesehatan mental yang terganggu. Artinya, istri tersebut menjadi kelainan mental. Sehingga berdasarkan teori Social Engineering merupakan salah satu contoh perubahan sosial. Sedangkan kondisi kesehatan mental masuk dalam konflik sosial yang disebut sebagai konflik intra pribadi, artinya konflik ini terjadi disebabkan oleh pemikiran yang tidak bisa dikendalikan atau biasa disebut dengan emosional yang tidak bisa terkendalikan oleh individu itu sendiri. Jenis konflik ini bisa ditentukan dengan keadaan yang ada di sekitar lingkungannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Udin Safala
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:35
Last Modified: 23 Nov 2022 04:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21728

Actions (login required)

View Item View Item