..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pelaksanaan Kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ali Adam Coper Jetis Ponorogo)

Aan Habib Ardhiansyah, Aan Habib Ardhiansyah (2022) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pelaksanaan Kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ali Adam Coper Jetis Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180002_AAN_HABIB_A._PAI[1].pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ardhiansyah, Aan Habib. 2022. Pelaksanaan Kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ali Adam Coper Jetis Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing
Dr. Basuki, M.Ag
Kata Kunci: Kurikulum, Madrasah Diniyah Takmikiyah
Madrasah diniyah merupakan lembaga pendidikan islam non formal yang dalam pelaksanaannya mempunyai pedoman yang sudah ditentukan dan lembaga pendidikan berbasis agama ini sebagai pelengkap pendidikan agama islam bagi masyarakat. Latar belakang penelitian ini bahwa kurikulum merupakan komponen yang sangat penting dan menarik untuk selalu diperbincangkan dalam penyelenggaraan dunia pendidikan, masalah yang ada di masyarakat terdapat kekurangan dalam memahami ilmu agama islam dengan adanya madrasah diniyah sebagai alternatif mampu menjawab keresahan dan kebutuhan masyarakat akan anaknya untuk menjadikannya insan al-kamil (sempurna). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pelaksanaan kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Ali Adam Coper Jetis Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif, dengan latar belakang madrasah diniyah Ali Adam, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data di lakukan dengan beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan kurikulum madrasah diniyah takmiliyah Ali Adam sudah berjalan dengan baik dalam perkembangan zaman dan terbukti mampu diminati oleh di masyarakat dan santri maupun output dari madrasah yakni alumni-alumni mampur bersaing dan berkompeten hal ini dapat dibuktikan banyaknya prestasi-prestasi yang telah diraih. 2) materi-materi yang terdapat di lembaga madrasah diniyah takmiliyah Ali Adam sesuai dengan pedoman kurikulum dari kemenag dan kurikulum lokal dengan pemilihan yang cermat dari tim kurikulum maupun ustadz-ustadzah mampu menjawab berbagai kebutuhan cabang-cabang ilmu pengetahuan untuk santri. 3) kegiatan belajar mengajar dengan sistem pembelajaran dari lembaga serta metode dan strategi yang telah dirancang dan di implementasikan oleh pendidik dapat berjalan dengan baik, mampu menumbuhkan karakter santri menghasilkan output yang matang, dengan didukung fasilitas-fasilitas yang dikelola oleh lembaga dengan baik. 4) evaluasi kurikulum yang dilakukan oleh pihak lembaga meliputi kinerja pendidik sejauh mana pencapaian penerapan kurikulum yang telah dilakukan serta santri yang terdapat dua aspek untuk di evaluasi yaitu hasil prestasi belajar santri dan proses pembelajaran, menggunakan teknik tes yang meliputi tes tulis, tes lisan, tes praktik, untuk penilaian non tes yaitu sikap dan karakter santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:13
Last Modified: 23 Nov 2022 04:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21727

Actions (login required)

View Item View Item