Penanaman Nilai Akhlak Melalui Pembelajaran Kitab Al-Akhlaq Lil Banin Bagi Santri Kelas I Madrasah Miftahul Huda Mayak Tonatan Ponorogo

Setiawan, Setiawan (2022) Penanaman Nilai Akhlak Melalui Pembelajaran Kitab Al-Akhlaq Lil Banin Bagi Santri Kelas I Madrasah Miftahul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180439_SETIAWAN_ETHESES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Setiawan. 2022. Penanaman Nilai Akhlak Melalui Pembelajaran Kitab Al-Akhla>q Lil Bani>n Bagi Santri Kelas I Madrasah Miftahul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Mughniatul Ilma, M.H.

Kata Kunci: Nilai Akhlak, Proses pembelajaran Kitab Al-Akhlak Lil Banin, Santri

Moral generasi milenial dari tahun ke tahun mengalami penurunan kualitas atau degradasi. Dalam segala aspek moral, mulai dari tutur kata, cara berpakaian, dan lain-lain. Degradasi moral ini seakan-akan luput dari pengamatan dan dibiarkan terus berkembang. Degradasi moral merupakan salah satu tanda kehancuran suatu bangsa, diantaranya meningkatnya kekerasan pada remaja, penggunaan kata-kata yang buruk, meningkatnya penggunaan narkoba, alkohol, kaburnya batasan moral baik dan buruk, rendahnya rasa hormat kepada guru dan orang tua, serta perilaku buruk lainnya. Oleh karena itu pentingnya penanaman akhlak dalam upaya membangun dan menumbuhkan nilai-nilai miral kepada remaja sehingga dapat memunculkan sikap dan perilaku yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Guna menjelaskan proses pembelajaran kitab Al-Akhla>k Lil Bani>n bagi santri kelas 1 Madrasah Miftahul Huda Mayak, (2) guna menjelaskan internalisasi nilai akhlak melalui kitab Al-Akhla>k Lil Bani>n pada santri Madrasah Miftahul Huda Mayak, (3) guna menjelaskan implikasi pembelajaran Al-Akhla>k Lil Bani>n terhadap penanaman nilai akhlak pada santri kelas 1 Madrasah Miftahul Huda Mayak.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan berupa teknik analisis model Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Proses pembelajaran kitab Al-Akhla>k Lil Bani>n pada santri kelas 1 Madrasah Miftahul Huda Mayak yang digunakan dalam pembelajaran akhlak merupakan kitab Al-Akhla>k Lil Bani>n dengan menggunakan strategi dan metode yang sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan pondok pesantren yaitu dengan kemampuan Ustadz yang profesional, menyesuaikan kompetensi keadaan peserta didik, dan keprefisionalan kampuan Ustadz saat pembukaan pembelajaran. Dari beberapa metode yang digunakan mulai dari metode pembelajaran sorogan, bandungan, presentasi, musyawarah dan hafalan, yang paling tepat dalam pembelajaran ini yaitu dengan menggunakan metode wetonan atau bandungan. (2) Internalisasi nilai akhlak melalui kitab Al-Akhla>k Lil Bani>n di Madrasah Miftahul Huda Mayak yaitu menggunakan kitab Al-Akhla>k Lil Bani>n, sebagian besar peserta didik sudah dapat menerapkan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Ustadz dapat menerapkan tahapan internalisasi yang kaitannya dengan pembinaan akhlak santri peserta didik yaitu tahapan tranformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi melalui beberapa metode yang diterapkan dalam internalisasi meliputi keteladanan, latihan dan pembiasaan, mengambil pelajaran, pemberian nasihat, pemberian janji dan ancaman, dan kedisiplinan. (3) Implikasi pembelajaran kitab Al-Akhla>k Lil Bani>n terhadap penanaman nilai akhlak pada santri kelas 1 Madrasah Miftahul Huda Mayak yaitu dengan adanya perubahan yang signifikan terhadap akhlak santri. Seperti akhlak santri terhadap Allah Swt, akhlak santri terhadap Rasulullah SAW dan akhlak santri terhadap sesama. Akhlak santri terhadap Allah Swt dapat ditandai dengan mengimani bahwa hanya Allah Swt yang patut disembah, menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya, kemudian akhlak terhadap Rasulullah SAW dengan mengikuti sunnah-sunnah dan akhlak terhadap sesama, seperti akhlak kepada Ustadz atau kiyai dengan tunduk dan mentaati perintah serta mendoakannya, akhlak terhadap teman dengan saling menghargai, gotong-royong dan saling tolong-menolong.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:12
Last Modified: 23 Nov 2022 04:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21716

Actions (login required)

View Item View Item