..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Penggunaan TikTok dan Budaya Sekolah Terhadap Etika Berbusana Muslim Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Tangerang Tahun Ajaran 2021/2022

Whulandhari, Anisha (2022) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Penggunaan TikTok dan Budaya Sekolah Terhadap Etika Berbusana Muslim Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Tangerang Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180030_Anisha Whulandhari_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Whulandhari, Anisha. 2022. Pengaruh Penggunaan TikTok dan Budaya Sekolah terhadap Etika Berbusana Muslim Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Tangerang Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Bapak Arif Rahman Hakim, M.Pd.
Kata Kunci : Penggunaan TikTok, Budaya Sekolah, Etika Berbusana Muslim.
Penggunaan TikTok memiliki dampak positif dan negatif yang menjadi salah satu faktor munculnya kerakteristik bagi penggunanya. Kebiasaan tersebut akan terbentuk dengan beberapa faktor yaitu lingkungan diantaranya adalah sekolah. Jika sekolah memiliki penerapan visi dan misi serta peraturan yang baik maka akan membentuk budaya sekolah yang beretika positif, salah satunya yaitu etika dalam berbusana. Dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SMA Muhammadiyah 2 Tangerang, sekitar 98,6% siswa/i kelas XI menggunakan TikTok dan etika berbusana siswa memperoleh presentase 5,7% yang masih kurang baik hal ini dapat disebabkan oleh tingginya penggunaan TikTok yang kurang baik dan rendahnya penanaman nilai-nilai keislaman dalam budaya sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) signifikansi pengaruh dari penggunaan TikTok terhadap etika berbusana siswa/i kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Tangerang Tahun Ajaran 2021/2022 (2) signifikansi pengaruh dari budaya sekolah terhadap etika berbusana siswa/i kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Tangerang Tahun Ajaran 2021/2022 (3) signifikansi pengaruh dari penggunaan TikTok dan budaya sekolah terhadap etika berbusana siswa/i kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Tangerang Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka, populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Tangerang yang berjumlah 112 siswa/i. Teknik yang digunakan dalam mengambil sampel yaitu probability sampling dengan jenis teknik simple random sampling sehingga didapatkan 53 siswa dari jumlah populasi dengan menggunakan rumus slovin. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket sebagai instrument pengumpulan data dengan teknik skala likert dan data dianalisis menggunakan regresi linier berganda melalui bantuan SPSS versi 25.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) penggunaan TikTok berpengaruh secara signifikan terhadap etika berbusana siswa/i kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Tangerang, dengan nilai Sig-nya (P-value) = (0,000) <  = (0,05), dan nilai R Square = 0,352 yang artinya memilliki pengaruh dengan nilai presentase sebesar 35,2%. (2) budaya sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap etika berbusana siswa/i kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Tangerang dengan nilai Sig-nya (P-value) = (0,044) <  = (0,05), dan nilai R Square = 0,077 yang artinya memiliki pengaruh dengan nilai presentase sebesar 07,7%. (3) penggunaan TikTok dan budaya sekolah terhadap etika berbusana siswa/i kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Tangerang didapati nilai Sig-nya (P-value) = (0,000) <  = (0,05), dan nilai R Square = 0,382% yang artinya memiliki pengaruh dengan nilai presentase sebesar 38,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:23
Last Modified: 23 Nov 2022 04:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21714

Actions (login required)

View Item View Item