(kesediaan publikasi belum ada..silakan upload ulang..)KEBIJAKAN PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT TERHADAP JUAL BELI DI KOTA MADIUN PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH

ANJANI, LEDA IIN (2022) (kesediaan publikasi belum ada..silakan upload ulang..)KEBIJAKAN PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT TERHADAP JUAL BELI DI KOTA MADIUN PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
102180057-LEDAIINANJANI-HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Anjani, Leda Iin, 2022. Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Tahap I-IV Terhadap Jual Beli Di Kota Madiun Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmad Junaidi, M.H.I
Kata kunci/keyword: Maslahah, Kebijakan Pemerintah, Pemerintah
Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) merupakan salah satu kebijakan yang ditetapkan pemerintah untuk mewujudkan upaya pencegahan kenaikan angka positif covid-19. Diketahui bahwa sebelum adanya kebijakan tersebut pemerintah juga sempat menetapkan peraturan new normal namun sayangnya setelah adanya aturan new normal, tepatnya sejak 1 September 2020 kenaikan angka positif covid-19 malah menunjukkan peningkatan secara tajam. Sehingga dalam rangka mengatasi hal tersebut pemerintah mengeluarkan kebijakan PPKM Tahap I yang mulai berlaku pada tanggal 11 Januari 2021. Akibat dari penetapan kebijakan PPKM ini sangat berdampak kepada para pemilik usaha, khususnya pada yang berada di kota Madiun yang merupakan lokasi penelitian yang diteliti oleh peneliti.
Adapun rumusan masalah yang ada pada penelitian kali ini adalah: Bagaimanakah pandangan Hukum Ekonomi Syariah terhadap pembatasan kegiatan jual beli pada masa pemberlakuan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Madiun? Bagaimanakah analisis deskripsi pelaksanaan kebijakan PPKM terhadap jual beli masyarakat Kota Madiun menurut teori maslahah?
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisa data peneliti lebih mengikuti dari teori analisis data kualitatif, yaitu mulai dari menelaah data yang tersedia, mereduksi atau memilah data agar dapat terfokus pada data sederhana, dan menafsirkan data-data tersebut agar mudah di pahami nantinya.
Melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa praktik pemberlakuan kebijakan PPKM I-IV terhadap jual beli di kota Madiun adalah belum sesuai, karena terdapat pelanggaran terhadap prinsip-prinsip dasar di dalam etika bisnis Islam yaitu terkait prinsip tidak memaksakan kehendak dengan ditetapkannya pembatasan jumlah maksimal pembeli yang makan di tempat, maupun jam operasional usaha-usaha yang ada., dan pemberlakuan kebijakan juga dinilai kurang maslahah, karena kurang adanya efektifitas atas kebijakan tersebut terhadap langkah penurunan laju angka positif covid-19. Sebaliknya keadaan perekonomian masyarakat kota Madiun juga mengalami penurunan tajam jika dibandingkan daripada angka pendapatan masyarakat kota Madiun sebelum adanya kebijakan PPKM tahap I-IV.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AHMAD JUNAIDI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:20
Last Modified: 23 Nov 2022 04:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21713

Actions (login required)

View Item View Item