Implementasi Metode Fami Bi Syauqin Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al Qur`an Santri Di Pondok Pesantren Al Mardliyyah Kota Madiun

Izza, Rohmatul Lia (2022) Implementasi Metode Fami Bi Syauqin Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al Qur`an Santri Di Pondok Pesantren Al Mardliyyah Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180353_Lia Rohmatul Izza_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di era globalisasi ternyata juga membawa pengaruh yang sangat kurang terhadap santri yang sudah hafal Al Qur`an bil ghoib 30 juz sehingga menimbulkan kualitas hafalan Al Qur`an santri sangat menurun. Salah satu penyebabnya ialah santri belum bisa memanage waktu dan metode hafalan Al Qur`an yang monoton maka dari itu perlu adanya suatu metode yang membina dan bisa meningkatkan kualitas hafalan Al Qur`an santri di Pondok Pesantren. Pondok Pesantren merupakan Pendidikan yang berkualitas dengan menerapkan keteladanan dan pembiasaan hafalan melalui tugas maupun metode. Di Pondok pesantren Al Mardliyyah menerapkan metode Fami Bi Syauqin yang artinya mulutku rindu membaca Al Qur`an. Kalimat Fami Bi Syauqin bisa di penggal menjadi hari Pertama surah Al fatihah sampai An nisa`, Hari kedua Al maidah sampai yunus, Hari ketiga surah hud sampai Al isra`, hari keempat Al kahf sampai asy-syu`aro, Hari kelima An naml sampai As shoffat, Hari keenam sad sampai qof dan hari ketujuh surah Az zariyat sampai An nas. Melalui metode tersebut diharapkan bisa memperkuat hafalan Al Qur`an santri yang telah dihafalkan serta bisa membaca Al Qur`an dalam sehari minimal 4 juz.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan strategi metode Fami Bi Syauqin dalam meningkatkan hafalan Al Qur`an santri di Pondok Pesantren Al Mardliyyah, (2) Untuk mendiskripsikan faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan dalam metode Fami Bi Syauqin di Pondok Pesantren Al Mardliyyah Kota Madiun, (3) Untuk mendiskripsikan dampak implementasi metode Fami Bi Syauqin dalam meningkatkan hafalan Al Qur`an santri di Pondok Pesantren Al Mardliyyah .
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif, yakni yang memeberikan hasil data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan untuk menganalisis data yaitu model instruktif dengan Langkahlangkah: Kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Strategi metode Fami Bi Syauqin dalam meningkatkan hafalan Al Qur`an santri di Pondok Pesantren Al Mardliyyah yaitu waktu pelaksanaan, pelaksana, materi kegiatan dan sanksi (2) Faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam metode Fami Bi Syauqin di Pondok Pesantren Al Mardliyyah yaitu memanage waktu, ustadzah yang mendampingi berlangsungnya metode Fami Bi Syauqin, motivasi dari orang tua dan mengulang hafalan dengan teman pasangannya minimal 2 lembar. (3) Dampak implementasi metode Fami Bi Syauqin dalam hafalan Al Qur`an santri di pondok Pesantren Al Mardliyyah yaitu memperkuat hafalan yang telah dihafalkan, bisa membaca dengan tartil, dalam sehari mampu membaca minimal 4 juz, bisa menerapkan tajwid dan makhorijul hurufnya dan mampu mengikuti lomba dengan meraih juara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:07
Last Modified: 23 Nov 2022 04:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21706

Actions (login required)

View Item View Item