Tinjauan Sosiologi Hukum Terhadap Praktik Perwalian dalam Pernikahan (Studi Kasus di Desa Blembem Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo)

Rosyidah, Fiki Alfiyatur (2022) Tinjauan Sosiologi Hukum Terhadap Praktik Perwalian dalam Pernikahan (Studi Kasus di Desa Blembem Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
FIKI ALFIYATUR ROSYIDAH 101180050 (1).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rosyidah, Fiki Alfiyatur, 2022. Tinjauan sosiologi hukum terhadap praktik perwalian dalam pernikahan (studi kasus di Desa Blembem Kecamatan Jambon). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Khusniati Rofiah, M.S.I.
Kata kunci/ keywords: Sosiologi Hukum, tawkil wali, pernikahan
Terkait pentingnya wali dalam pernikahan, ternyata masih banyak masyarakat Desa Blembem Kecamatan Jambon yang tidak memahaminya atau bahkan tidak mengetahuinya. Yang seharusnya wali yang memiliki hak menikahkan anak perempuan dibawah perwaliannya, justru lebih memilih mewakilkannya kepada penghulu (petugas dari KUA). Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui tinjauan sosiologi hukum terhadap praktik perwalian yang diwakilkan kepada penghulu dalam pernikahan. dan apa saja faktor yang melatarbelakangi tawki>l wali.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana tinjauan sosiologi hukum terhadap perwalian yang diwakilkan kepada penghulu dalam pernikahan di Desa Blembem Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo? Mengapa masyarakat lebih mengutamakan tawki>l wali dalam prosesi akad dalam pernikahan di Desa Blembem Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo?
Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan pendekatan empiris. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tinjauan sosiologi hukum terhadap praktik tawki>l wali dalam pernikahan dapat dianalisis menggunakan teori fungsionalisme struktural, dimana menurut teori tersebut sebuah sistem harus memenuhi 4 komponen fungsional dalam skema AGIL. Pertama, adaptation, sistem perwalian dalam pernikahan mengharuskan adanya modifikasi dalam masyarakat dalam bentuk tawki>l wali untuk mempertahankan tuntutan eksternal. Kedua, goal attainment, modifikasi dalam bentuk tawki>l wali merupakan perwujudan proteksi terhadap perempuan. Ketiga, integration, Adanya negosiasi inter-relationship antara sub sistem dalam pernikahan sebagai cara memproteksi perempuan dibawah perwaliannya ditengah kesadaran dan pemahaman kekurangan mereka sebagai wali nikah melalui tawki>l wali. Keempat, latent pattern maintenance, sistem perwalian secara laten telah menjalin hubungan baik dengan penghulu atau Kiai sehingga harapannya ke depannya, pola pemeliharaan tawki>l wali dapat diperlihara dengan baik. Alasan masyarakat Desa Blembem lebih memilih melakukan tawki>l wali dalam yaitu minimnya pengetahuan agama sebanyak 45%, keterbatasan sumber daya manusia sebanyak 45%, dan mengharapkan keberkahan sebanyak 10%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:20
Last Modified: 23 Nov 2022 04:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21700

Actions (login required)

View Item View Item