(KESEDIAAN PUBLIKASI BELUM ADA..SILAKAN UPLOAD ULANG..)Peran Kompetensi Profesional Guru Fikih dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Madiun

Sholachudin, Muhamad Soleh (2022) (KESEDIAAN PUBLIKASI BELUM ADA..SILAKAN UPLOAD ULANG..)Peran Kompetensi Profesional Guru Fikih dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180377_MUHAMAD SOLEH SHOLACHUDIN_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sholachudin, Muhamad Soleh. 2022. Peran Kompetensi Profesional Guru Fikih dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Arif Wibowo, M.Pd.I.
Kata Kunci: Peran, Kompetensi Profesional, Guru Fikih, Motivasi Belajar
Pendidik merupakkan salah satu elemen penting dalam proses berjalannya sistem pendidikan. Seorang pendidik tidak hanya bertugas memahamkan materi pembelajaran namun juga dapat meningkatkan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Pada penelitian ini di latar belakangi minat peneliti terhadap hasil observasi dan wawancara dengan guru fikih di MAN 2 Kota Madiun yang ditemukan bahwa adanya motivasi atau dorongan untuk belajar siswa berasal dari peran dan kompetensi profesionalisme guru sebagai seorang pendidik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui implementasi kompetensi profesional guru fikih dalam proses pembelajaran di MAN 2 Kota Madiun, (2) mengetahui peran kompetensi profesional guru fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN 2 Kota Madiun. (3) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat kompetensi profesional guru untuk meningkatkan motivasi belajar fikih aiswa di MAN 2 Kota Madiun.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif, yaitu penelitian yang dimaksud untuk menjelaskan fenomena atau karakteristik individu, situasi atau kelompok tertentu secara akurat. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Fikih MAN 2 Kota Madiun sudah memahami mengenai peran kompetensi guru diantaranya sebagai informator, organisator, motivator, inisiator, dan fasilitator. Didukung dengan penguasaan terhadap indikator kompetensi profesional sudah dilakukan sesuai dengan yang ditetapkan oleh pemerintah yaitu PERMENDIKNAS No. 16 Tahun 2007 yakni 1) menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir kilmuan yang mendukung mata pelajaran; 2) menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar pendidikan; 3) mengembangkan materi pembelajaran yang diambil secara kreati; 4) mengembangkan keprofesionalan guru secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif; 5) memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. Penguasaan terhadap indikator kompetensi profesional tersebut berdampak pada indikator motivasi siswa yakni 1) memiliki gairah yang tinggi, 2) penuh semangat, 3) memiliki rasa penasaran atau rasa ingin tahu yang tinggi, 4) mampu ”jalan sendiri” ketika guru meminta siswa mengerjakan sesuatu, 5) memiliki rasa percaya diri, 6) memiliki daya konsentrasi yang tinggi, 7) kesulitan dianggap sebagai tantangan yang harus diatasi, 8) memiliki kesabaran dan daya juang yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:13
Last Modified: 23 Nov 2022 04:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21699

Actions (login required)

View Item View Item