Budaya Toleransi Antar Umat Beragama Pada Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Madiun

Fajriyah, Fatin Nisa'ul (2022) Budaya Toleransi Antar Umat Beragama Pada Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180312 FATIN NISA'UL FAJRIYAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fajriyah, Fatin Nisa’ul. 2022. Budaya Toleransi Antar Umat Beragama Pada Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. AB. Musyafa’ Fathoni, M.Pd.I
Kata Kunci: Budaya, Toleransi Antar Umat Beragama
Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman agama, diantaranya ada agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghuchu. Keragaman agama tersebut menjadikan masyarakat Indonesia menerapkan sikap toleransi agar bisa saling menghargai satu sama lain. Namun akhir-akhir ini banyak masyarakat Indonesia kurang menerapkan sikap toleransi tersebut. Hal ini dibuktikan dengan adanya kekerasan yang mengatasnamakan agama. Intoleran yang terjadi mengakibatkan permusuhan antar umat beragama. Maka perlu adanya pembentukan budaya toleransi terutama dalam lingkungan sekolah. Sebagai lembaga pendidikan, sekolah memiliki kontribusi besar untuk memahamkan serta menerapkan budaya toleransi kepada peserta didik. Sehingga peserta didik bisa belajar untuk saling menghargai dan menghormati antar umat beragama. Sebagai lembaga pendidikan yang mana pendidik, peserta didik, maupun pegawainya memiliki perbedaan latar belakang agama, maka Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Madiun menerapkan budaya toleransi dalam pembelajaran, baik saat di kelas maupun di luar kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan budaya toleransi antar umat beragama dalam pembelajaran pendidikan agama di SMKN 3 Madiun, (2) menjelaskan budaya toleransi antar umat beragama dalam kegiatan ekstrakulikuler di SMKN 3 Madiun, (3) menjelaskan budaya toleransi antar umat beragama dalam kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMKN 3 Madiun.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilakukan di SMKN 3 Madiun. Adapun data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data terdiri dari meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan member check.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Budaya toleransi antar umat beragama yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran pendidikan agama yaitu adanya sikap kebebasan yang diberikan pendidik kepada peserta yang non muslim pada saat proses pembelajaran pendidikan agama, selain itu peserta didik juga bersikap tanggung jawab atas kebebasan yang telah diberikan oleh pendidik, serta sikap saling menghargai keyakinan antar umat beragama dalam kegiatan berdoa pada proses pembelajaran, (2) Budaya toleransi antar umat beragama yang diterapkan dalam kegiatan ekstrakulikuler yaitu adanya sikap kerja sama yang dilakukan anggota ekstrakulikuler Sie Kerohanian Islam (SKI) dengan anggota ekstrakulikuler lain seperti Palang Merah Remaja (PMR) yang mana anggotanya ada yang berbeda agama, sikap saling menghargai dalam kegiatan yang dilakukan secara bersama seperti kegiatan berdoa pada acara perpisahan sekolah, serta dapat hidup rukun antar anggota ekstrakulikuler, (3) Budaya toleransi antar umat beragama yang diterapkan dalam kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yaitu adanya sikap adil dalam pemilihan anggota OSIS tanpa memandang perbedaan agama peserta didik, sikap menghargai dan menghormati antar anggota dalam melakukan ibadah seperti pada saat kegiatan OSIS anggota muslim sedang berpuasa maka yang nonmuslim akan makan di tempat lain, serta sikap saling mengerti antar anggota muslim dan nonmuslim yaitu ketika ada kegiatan di hari Minggu maka anggota yang nonmuslim akan diberikan izin untuk tidak mengikuti kegiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AB. Musyafa' Fathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:11
Last Modified: 23 Nov 2022 04:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21691

Actions (login required)

View Item View Item