Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Wiridan Setelah Shalat Berjama'ah Di Madin Musa'idin Takeran Magetan

Muntoho, Bagus Harun (2022) Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Wiridan Setelah Shalat Berjama'ah Di Madin Musa'idin Takeran Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_201180287_BAGUS HARUN MUNTOHO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Muntoho, Bagus Harun. 2022. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Wiridan Setelah Shalat Berjama’ah di Madin Musa’idin Takeran Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Arif Rahman Hakim, M. Pd.
Kata Kunci: Peran Guru, Karakter Religius, Wiridan.
Penelitian ini membahas mengenai peran guru dalam membentuk karakter religius siswa melalui pembiasaan wiridan setelah shalat berjama’ah di Madin Musa’idin, Takeran, Magetan. Penelitian ini dilatarbelakangi dari kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan karakter, khususnya karakter religius sejak anak usia dini. Kesadaran ini menjadikan masyarakat berbondong-bondong memfasilitasi anak-anak mereka dengan mendaftarkan pada lembaga pendidikan yang diyakini membawa pengaruh baik, salah satu yang terkenal di Takeran, Magetan, adalah Madrasah Diniyah Musa’idin.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik dalam membentuk karakter religius siswa melalui pembiasaan wiridan setelah shalat berjama’ah; (2) Mendeskripsikan peran guru sebagai motivator dalam membentuk karakter religius siswa melalui pembiasaan wiridan setelah shalat berjama’ah; (3) Mendeskripsikan peran guru sebagai evaluator dalam membentuk karakter religius siswa melalui pembiasaan wiridan setelah shalat berjama’ah di Madin Musa’idin Takeran Magetan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer mencakup ketua yayasan, santri, dan guru yang ada di Madin Musa’idin Takeran, serta data sekunder berupa dokumen madrasah, materi guru, kajian teori, dan artikel ilmiah untuk mendukung pernyataan dari data primer. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman, meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi).
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, diketahui bahwa: (1) guru berperan sebagai pendidik di Madin Musa’idin mendidik dan mengajarkan kepada siswa mulai dari tata cara shalat berjama’ah hingga pengucapan lafadz-lafadz bacaan wirid sebagai pembiasaan setelahnya. Guru juga menjelaskan manfaat atau keutamaan dari pelaksanakan pembiasaan tersebut; (2) guru berperan sebagai motivator mengajak siswa, baik berupa ucapan, maupun perbuatan secara langsung bersama-sama siswa melaksanakan pembiasaan; (3) guru sebagai evaluator melakukan penilaian pada siswa, antara yang telah disiplin dan telah fasih, atau yang telah disiplin dan belum fasih, terlebih lagi pada siswa yang belum disiplin dan belum fasih dalam pengucapan bacaan-bacaan wiridan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:10
Last Modified: 23 Nov 2022 04:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21689

Actions (login required)

View Item View Item