..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..IMPLEMENTASI CHARACTER BUILDING DAN CREATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTs NURUL MUJTAHIDIN MLARAK

Lestari, Yuliana (2022) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..IMPLEMENTASI CHARACTER BUILDING DAN CREATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTs NURUL MUJTAHIDIN MLARAK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180240_YulianaLestari_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Lestari, Yuliana, 2022. Implementasi Character Building dan Creative Learning pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Umar Sidiq, M.Ag.

Kata Kunci : Character Building, Creative Learning, Aqidah Akhlak.
Perkembangan zaman begitu pesat, mulai dari teknologi, informasi dan budaya masyarakat juga tidak luput dari perkembangan. Bahkan kenakalan remaja marak terjadi di lingkungan masyarakat. Sering kita jumpai adanya pergaulan bebas, penyalahgunaan obat-obatan terlarang, aksi tawuran antar pelajar dan kurangnya adab pada diri mereka. Pendidikan agama Islam yang merupakan sistem pendidikan tidak dipungkiri lagi memiliki kontribusi cukup baik untuk membantu pembentukan karakter bangsa melalui berbagai metode yang cukup meyakinkan dan mengesankan. Adapun tujuan pendidikan agama Islam ialah menanamkan taqwa serta akhlak mulia juga menegakkan kebenaran dalam rangka membentuk manusia berkepribadian dan berbudi luhur menurut ajaran agama Islam, maka tujuan tersebut dapat dicapai dengan metode creative learning dalam proses pembelajaran untuk membangun karakter.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Memaparkan konsep character building dan creative learning pada proses pembelajaran Aqidah Akhlak kelas VII di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak. (2) Mendeskripsikan implementasi character building dan creative learning pada proses pembelajaran Aqidah Akhlak kelas VII di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak. (3) Memaparkan hasil implementasi character building dan creative learning pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas VII MTs Nurul Mujtahidin Mlarak.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif studi kasus di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi serta dokumentasi. Sedangkan data diolah menggunakan metode analisis data dari Miles dan Huberman.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Konsep character building dan creative learning pada proses pembelajaran Aqidah Akhlak di kelas VII MTs Nurul Mujtahidin Mlarak menekankan bab ibadah dan karakter. (2) Implementasi character building dan creative learning pada proses pembelajaran Aqidah Akhlak di kelas VII MTs Nurul Mujtahidin Mlarak ini menggunakan berbagai metode pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak melalui pendidikan yang berkarakter. (3) Hasil implementasi character building dan creative learning pada proses pembelajaran Aqidah Akhlak di kelas VII MTs Nurul Mujtahidin Mlarak menunjukkan sudah berhasil diterapkan oleh guru yang dapat dilihat perkembangan para siswanya yang mematuhi peraturan sekolah dan juga para siswa menerapkan character yang diinternalisasikan oleh pihak madrasah di antaranya sikap tanggungjawab, disiplin, mandiri, jujur dan sopan santun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:11
Last Modified: 23 Nov 2022 04:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21686

Actions (login required)

View Item View Item