Tinjauan Efektifitas Terhadap Implementasi Bimwin Catin Berdasarkan Keputusan Dirjen Bimas Islam No. 189 Tahun 2021 Di KUA Kecamatan Dolopo Madiun

Ghofar, Firly Abdul (2022) Tinjauan Efektifitas Terhadap Implementasi Bimwin Catin Berdasarkan Keputusan Dirjen Bimas Islam No. 189 Tahun 2021 Di KUA Kecamatan Dolopo Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Firly Abdul Ghofar-101180051-HKI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ghofar, Firly Abdul, 2022. Tinjauan Efektifitas Terhadap Implementasi Bimwin Catin Berdasarkan Keputusan Dirjen Bimas Islam No. 189 Tahun 2021 Di KUA Kecamatan Dolopo Madiun. Skripsi. Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Umarwan Sutopo. LC, M.H.I.
Kata Kunci/keyword : Efektifitas, Implementasi, Bimwin Catin
Suatu perkawinan membutuhkan sebuah pondasi yang kokoh dan kuat agar bisa bertahan lama walupun diterpa berbagai masalah. Menyadari perlunya bekal kesiapan dalam berumah tangga dan menghindari konflik keluarga, setiap calon pengantin perlu mengikuti program bimbingan perkawinan. Untuk mencapai maksud tersebut, beberapa kebijakan baru telah dirumuskan oleh Pemerintah melalui Kementrian Agama yakni dengan mengeluarkan program kebijakan bimbingan perkawinan calon pengantin (bimwin catin) berdasarkan Keputusan Dirjen Bimas Islam No. 189 Tahun 2021 di mana penyelenggaraan bimwin catin tidak lagi di Kemenag melainkan di KUA Kecamatan. KUA Kecamatan Dolopo Madiun adalah salah satu KUA yang telah menyelenggarakan bimwin catin tatap muka yakni 3 angkatan pada tahun 2021 dan 3 angkatan pada tahun 2022.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan efektifitas terhadap kebijakan KUA Kecamatan Dolopo dalam mengorganisir prosedur pelaksanaan bimwin catin berdasarkan pada Keputusan Dirjen Bimas Islam No. 189 Tahun 2021? (2) Bagaimana tinjauan efektifitas terhadap faktor pendukung dan penghambat KUA Kecamatan Dolopo dalam mengimplementasikan Keputusan Dirjen Bimas Islam No. 189 Tahun 2021 tentang bimwin catin?
Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan empiris, penelitian ini dilaksanakan di KUA Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun, penelitian yang datanya diperoleh melalui wawancara dengan beberapa informan yang sudah dipilih dan ditentukan oleh penulis yang kemudian dianalisis.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa kebijakan KUA Kecamatan Dolopo dalam mengorganisir prosedur bimwin catin telah efektif dari aspek peserta, muatan materi, fasilitator, dan realisasi anggaran. Sedangkan dari proses setelah pelaksanaan hanya cukup efektif dari aspek sertifikat dan buku bacaan mandiri, karena hanya memenuhi dua indikator saja, yakni pendekatan proses dan pendekatan sumber dan hanya efektif di lembaga internal saja, untuk sasaran atau pesertanya tidak efektif. Kemudian dengan adanya aula di lingkungan KUA ini efektif memudahkan peserta dan internal KUA serta menjadi pendukung pelaksanaan. Selanjutnya terdapat tiga kendala yang menjadi penghambat pelaksanaan, yakni pengurangan peserta, bulan pantangan, dan tidak dilaksanakannya bimwin mandiri dan virtual, di mana ketiga kendala tersebut dinilai tidak efektif karena justru mempersulit ketiga indikator yakni peserta/sasaran dan internal KUA/sumber dan proses.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umarwan Sutopo
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:08
Last Modified: 23 Nov 2022 04:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21679

Actions (login required)

View Item View Item