(FILE KOSONG..SILAKAN UPLOAD ULANG..)Analisis Swot Pengembangan Unit Usaha Fotokopi Alma Di Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo

Khasanah, Intan Nurlailatul (2022) (FILE KOSONG..SILAKAN UPLOAD ULANG..)Analisis Swot Pengembangan Unit Usaha Fotokopi Alma Di Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Khasanah, Intan Nurlailatul. Analisis SWOT Pengembangan Unit Usaha Fotokopi ALMA Coper, Jetis, Ponorogo. Skripsi. 2022. Jurusan ekonomi syariah, fakultas ekonomi dan bisnis islam, institute agama islam negeri ponorogo, pembimbing Husna Ni’matul Ulya, M.E.SY.

Kata Kunci: Pengembangan, Usaha, IFAS, EFAS
Seperti yang telah kita rasakan pada saat ini revolusi industri yang menciptakan berkembangnya perusahan bisnis modern maupun lokal menyebabkan perusahaan harus menghadapi pesaing yang ketat, tidak hanya menjual produk dengan harga yang rendah namun keahlian dan kecermatan sangat dibutuhkan pada saat ini. Dengan adanya strategi mampu memberikan pengaruh terhadap usaha yang dijalankan baik dari segi pemasaran, promosi maupun pengembangan produk atau jasa yang ditawarkan. Skripsi ini melaporkan hasil penelitian dengan rumusan masalah:(1) Bagaimana analisis faktor internal (IFAS) oleh Fotokopi Al-Mawaddah dalam pengembangan usaha? (2) Bagaimana analisis faktor eksternal (EFAS) oleh Fotokopi AL-Mawaddah dalam pengembangan usaha? (3) Bagaimana strategi pengembangan unit usaha berdasarkan hasil uji analisis SWOT di fotokopi Al-Mawaddah?
Penelitian ini dilakukan secara kualitatif di Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo dengan prosedur pengumpulan data melalui, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitianan ini guna untuk mengetahui beberapa faktor internal (IFAS) dan eksternal (EFAS) pada perusahaan atau unit usaha fotokopi Al-Mawaddah menggunakan metode analisis SWOT dengan jumlah 15 responden yang dibagi sesuai kebutuhan penelitian. Serta jawaban dari responden akan diolah dalam model perhitungan bobot skoring IFAS maupun EFAS dan dirumuskan pada matriks SWOT untuk mendapatkan hasil uji analisis SWOT di fotokopi Al-Mawaddah.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Berdasarkan faktor internal (IFAS) yang dibahas, peneliti menarik kesimpulan bahwa unit usaha ini memiliki rating 4,9 sedangkan dalam ketenagaahlian unit usaha ini memiliki rating yang sangat rendah yaitu sebesar 2,0 yang mana unit usaha dalam posisi normal. (2) Sedangkan dari segi eksternal perusahaan yang disusun dalam faktor eksternal (EFAS) peneliti menarik kesimpulan menggunakan space matriks yang diperoleh dari nilai skor rating faktor eksternal yang menghasilkan sumbu horizontal 1,3 dan sumbu vertikal 1,5 dan diaplikasikan pada diagram SWOT ditarik kesimpulan berdasarkan hasil analisis diagram SWOT FC ALMA berada pada posisi romawi satu yang artinya perusahaan mempunyai peluang perbedaan dengan usaha lain namun memiliki posisi perbaikan. (3) Pada poin ini peneliti menarik kesimpulan menggunakan matrik SWOT yang menghasilkan strategi yang cocok diterapkan pada unit usaha yang mana menghasilkan penggabungan dari segi strategi Strength-Opportunity, strategi Weakness-Opportunities, strategi Strenght-Threat dan strategi Weakness-Threats yang mana menghasilkan evaluasi serta pendapat secara ilmiyah atau tidak dengan dugaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Husna Ni’matul Ulya
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:44
Last Modified: 23 Nov 2022 03:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21650

Actions (login required)

View Item View Item