Strategi Guru Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Dalam Pembelajaran Qio'ah Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di LKSA Tunanetra Terpadu 'Aisyiyah Ponorogo

Maharani, Eka Kirana (2022) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Dalam Pembelajaran Qio'ah Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di LKSA Tunanetra Terpadu 'Aisyiyah Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180300_Eka Kirana Maharani_Pendidikan Agama Islam (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Maharani, Eka Kirana 2022, Strategi Guru Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Dalam Pembelajaran Qiro’ah Pada Anak Berkebutuhan Khusus di LKSA Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, M. Heriyudanta, M.Pd.I
Kata kunci : Strategi Guru, Konsentrasi Belajar, Qiro’ah, Tunanetra
Tunanetra atau gangguan penglihatan adalah kelainan, penyakit atau kehilangan/ketajaman penglihatan sedemikian rupa (sampai tingkatan yang signifikan) sehingga penglihatannya tidak dapat digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari layaknya orang normal.
Pada dasarnya tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak berkebutuhan khusus di LKSA Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo, (2) Untuk mengetahui hasil dari strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru terhadap anak berkebutuhan khusus, (3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang dapat membantu peneliti dalam mengkaji lebih aspek permasalahan di lapangan atau biasa disebut dengan field research. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Peneliti menganalisis data yang diperoleh dengan cara mereduksi data, menyajikan data yang telah diperoleh dan yang terakhir menarik kesimpulan dari data tersebut.
Dari penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa : (1) Strategi pembelajaran yang digunakan oleh ustad dan ustdzah pada pelajaran qiro’ pada anak tunanetra, adalah meningkatkan motivasi belajar serta menggunakan strategi hafalan.(2) Faktor pendukung pada strategi pembelajaran qiro’ yang digunakan, lebih mengarah pada diri sendiri siswa, karena pada anak tunaentra pembelajaran harus disesuaikan dengan kondisi kekurangan pada anak. Faktor yang dapat menghambat jalannya strategi pembelajaran yang mendominasi dari faktor luar yaitu lingkungan belajar yang kurang kondusif dan nyaman.(3) hasil dari penggunaan strategi pembelajaran pengulangan ayat, mendapat yang positif pada siswa tunanetra, siswa mudah memahami pelajaran dan menghafal ayat. Dengan adanya strategi yang diterapkan dapat membantu siswa dalam berkonsentrasi belajar dengan bantuan alat yakni alat dengar berupa tape audio.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:33
Last Modified: 23 Nov 2022 03:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21648

Actions (login required)

View Item View Item