Implikasi Metode Wahdah Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan, Patihan Wetan, Babadan, Ponorogo.

Antoro, Kurniawan Dwi (2022) Implikasi Metode Wahdah Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan, Patihan Wetan, Babadan, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180124_KURNIAWAN DWI ANTORO_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Antoro, Kurniawan Dwi. 2022. Implikasi Metode Wahdah Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan, Patihan Wetan, Babadan, Ponorogo. Skripsi, Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yusmicha Ulya Afif, M. Pd. I.
Kata Kunci: Implikasi, Metode Wahdah, Penghafal Al-Qur’an
Fenomena yang didapati di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan, Babadan Ponorogo yaitu masih banyak santri yang menghafal al-Qur’an tetapi masih kurang dalam arti kualitas hafalannya karena sejalan dengan kesibukan santri sebagai mahasiswa dan juga pekerja santri tetap mau menghafal al-Qur’an. Santri yang lalai akan kewajibannya untuk menghafal Qur’an dan menjaga kualitas hafalannya. Dalam upaya untuk mengatasi problematika tersebut lembaga pondok pesantren pasti mempunyai metode untuk menyelesaikan masalah tersebut. Seperti Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan menggunakan Metode wahdah dalam proses menghafal Qur’an para santri.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan metode apa yang digunakan santri dalam proses menghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan, Babadan Ponorogo, (2) Mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan, Babadan Ponorogo, (3) Mengetahui dampak yang terjadi bagi santri dan lembaga akibat penerapan metode tersebut.
Untuk menjawab pertanyaan di atas penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif , teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan (1) Wawancara, (2) Observasi, (3) Dokumentasi. Sedangkan analisa datanya menggunakan teknik analisa data Milles & Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan
Adapun hasil penelitian ini (1) Metode menghafal al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan, Babadan Ponorogo menggunakan metode wahdah. Metode ini merupakan cara menghafal al-Qur’an dengan membaca ayat berulang-ulang. Dengan memperkuat hafalan melalui takror, muroja’ah, rutinan sima’an dan waktu yang diatur secara kondusif (2) Faktor pendukung dan penghambat yang dialami santri penghafal al-Qur’an Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan, Babadan, Ponorogo meliputi lingkungan yang kondusif, kegiatan yang istiqomah, Sering mendapatkan semangat baik dari teman maupun dari ustadz/pengasuh, Sarana dan prasarana yang mendukung, adanya dukungan dari keluarga waktu yang berjalan dengan kuliah, fakor ekonomi, faktor rindu dengan keluarga, dan faktor lawan jenis. (3) Implikasi yang terjadi di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan, Babadan Ponorogo meliputi dampak bagi santri Santri lebih cepat dalam menyelesaikan hafalan, santri lebih semangat dalam proses menghafal, Tingkat kegagalan santri dalam melanjutkan hafalan cenderung menurun dari tahun sebelumnya. Dampak bagi lembaga pondok pesantren, mendapatkan kepercayaan masyarakat , mendapatkan kepercayaan dari pomdok tahfiz} lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:29
Last Modified: 23 Nov 2022 03:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21642

Actions (login required)

View Item View Item