Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Perilaku Mahasiswa IAIN Ponorogo Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Angkatan 2018 Dalam Belanja Online Di Aplikasi Shopee

Istiqomah, Nur (2022) Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Perilaku Mahasiswa IAIN Ponorogo Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Angkatan 2018 Dalam Belanja Online Di Aplikasi Shopee. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NUR ISTIQOMAH - 102180024 - NASKAH SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Istiqomah, Nur, 2022. Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Perilaku Mahasiswa IAIN Ponorogo Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Angkatan 2018 Dalam Belanja Online Di Aplikasi Shopee. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Khusniati Rofiah, M. S. I.
Kata kunci/keyword: Tinjauan Hukum Islam, Perilaku Konsumtif, Mahasiswa IAIN Ponorogo
Pada zaman modern seperti saat ini, berbelanja sangat mudah dan praktis. Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Berbelanja dengan menggunakan media online, bisa melalui hp ataupun laptop. Dengan demikian konsumsi masyarakat ikut meningkat, salah satunya pada kalangan mahasiswa. Fitur belanja online (e-commerce) yang banyak diminati mahasiswa yaitu shopee, di mana shopee semakin ke sini dapat menggunakan strategi marketing yang baik untuk menarik pelanggan. Hal tersebut memicu timbulnya perilaku konsumtif pada mahasiswa, di mana mahasiswa yang seharusnya dapat berhemat untuk memenuhi kebutuhannya bukan keinginan semata, apalagi jika yang digunakan untuk membeli barang tersebut bukan bersumber dari uang pribadi, misal dari orang tua. Hal tersebut dapat bisa saja merugikan orang lain. Barang yang sering dibeli mahasiswa diantaranya yaitu outfit dan kosmetik.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap perilaku mahasiswa IAIN Ponorogo Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Angkatan 2018 dalam belanja outfit secara online di aplikasi shopee? (2) Bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap perilaku mahasiswa IAIN Ponorogo Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Angkatan 2018 dalam belanja kosmetik secara online di aplikasi shopee?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan kuisioner, Serta metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode induktif.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa untuk pembelian outfit dan kosmetik di shopee, banyak mahasiswa IAIN Ponorogo Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Angkatan 2018 yang membeli sesuai dengan kebutuhan, tetapi terdapat sebagian mahasiswa yang dapat dikatakan konsumtif, sebab perilaku konsumsi mahasiswa masuk dalam indikator perilaku konsumtif menurut Sumartono dan Al-Ghazali. Dalam ekonomi Islam tepatnya pada Teori Konsumsi Islam melarang adanya sifat berlebih-lebihan dalam mengkonsumsi barang, apalagi sampai menghamburkan harta untuk memenuhi hawa nafsu semata. Jadi, perilaku konsumsi sebagian besar mahasiswa IAIN Ponorogo Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Angkatan 2018 sesuai dengan Ekonomi Islam. Sedangkan, sebagian lainnya dinilai kurang tepat dan tidak sesuai dengan prinsip dasar konsumsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:13
Last Modified: 23 Nov 2022 03:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21621

Actions (login required)

View Item View Item