..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..ETIKA MURID DALAM KITAB ADABU AL-ALIM WA AL-MUTA'ALLIM KARYA KH HASYIM ASY'ARI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER

Sakdiyah, Lailatus and Ismanto, Ismanto (2022) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..ETIKA MURID DALAM KITAB ADABU AL-ALIM WA AL-MUTA'ALLIM KARYA KH HASYIM ASY'ARI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sakdiyah, Lailatus. 2022. Etika Peserta Didik Dalam Kitab Ādābu Āl-‘Ālim Wa Āl-Muta’lim
Karya K.H Hasyim Asy’ari Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing: Dr. H. Moh. Munir, Lc, M. Ag.
Kata Kunci: Etika Murid, Kitab Ādābu Āl-‘Ālim Wa Āl-Muta’lim, K.H Hasyim Asy’ari, Pendidikan Karakter.
Seiring dengan kemajuan zaman tentu membawa pengaruh bahkan permasalahan tersendiri bagi banyak orang. Salah satunya yakni adanya kemerosotan ahklak atau etika pada lapisan masyarakat termasuk murid. Etika memiliki peranan penting yang harus dimiliki oleh seorang murid. Kitab Ādābu Āl-‘Ālim Wa Āl-Muta’lim karya K.H Hasyim Asy’ari adalah kitab yang berisi tentang konsep etika bagi guru dan murid yang dapat dijadikan acuan oleh guru untuk mengajarkan kepada murid bagaimana ahklak yang baik dalam mencari ilmu.
Berdasarkan uraian diatas, maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk menjelaskan etika murid kepada dirinya sendiri menurut K.H Hasyim Asy’ari dalam Kitab Ādābu Al-‘Ālim Wa Al-Muta’lim. 2) Untuk menjelaskan etika murid terhadap pelajarannya menurut K.H Hasyim Asy’ari dalam Kitab Ādābu Āl-‘Ālim Wa Āl-Muta’lim. 3) Untuk menjelaskan relevansi etika dalam Kitab Ādābu Āl-‘Ālim Wa Āl-Muta’lim dengan pendidikan karakter.
Penelitian ini dikategorikan dalam jenis penelitian kepustakaan ( library reseach ). Oleh karena itu, teknik yang digunakan yaitu mencari data-data terkait yang berasal dari laporan-laporan yang sudah dibukukan. Setelah mendapatkan data-data tersebut lalu penulis melakukan analisis.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Etika murid terhadap dirinya sendiri menurut K.H Hasyim Asy’ari dalam Kitab Ādābu Āl-‘Ālim Wa Āl-Muta’lim ada 10 macam yaitu sebelum belajar hendaknya pelajar mensucikan hatinya, memperbaiki niat dalam mencari ilmu, bersegera dalam mencari ilmu, menerima segala yang diperolehnya, murid harus pandai membagi waktu, mempersedikit makan dan minum, wira’I, tidak memakan makanan yang menyebabkan tumpulnya otak, berusaha mengurangi tidur, meninggalkan pergaulan yang tidak baik. 2) Etika murid terhadap pelajarannya menurut K.H Hasyim Asy’ari dalam Kitab Ādābu Āl-‘Ālim Wa Āl-Muta’lim ada 13 macam yaitu mempelajari ilmu fardhu ‘ain, mendalami al-Qur’an, tidak menyibukkan diri dalam ikhtilaf (perbedaan), mentashih bacaannya dengan benar, mempelajari ilmu hadist, menghafalkan kitab mukhtasar (ringkas), menghadiri majlis ilmu, mengucapkan salam, tidak malu bertanya, tertib alam mengambil giliran, murid duduk didepan guru dengan sopan, belajar tidak boleh setengah-setengah, saling memberi semangat kepada teman. 3) Semua etika murid dalam Kitab Ādābu Āl-‘Ālim Wa Āl-Muta’lim memiliki relevansi dengan pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:24
Last Modified: 23 Nov 2022 03:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21616

Actions (login required)

View Item View Item