Manajemen Pembelajaran Berbasis Digital Pada Era New Normal (Studi Kasus Di Mts. Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo)

Hidayati, Zayyini Ulfah (2022) Manajemen Pembelajaran Berbasis Digital Pada Era New Normal (Studi Kasus Di Mts. Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502190048_ZAYYINI ULFAH HIDAYATI_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwasanya mewabahnya Corona Virus disease (Covid 19) mengharuskan lembaga pendidikan melaksanakan pembelajaran online. Dalam kondisi dan situasi demikian, diperlukan solusi pembelajaran online yang efektif dan efisien. Setelah melalui proses penelusuran, ditemukan bahwa untuk menjawab permasalahan tersebut, MTs Al Islam Joresan Ponorogo melaksanakan kegiatan pembelajaran online darurat. Dengan adanya Permen Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan (planning) pembelajaran online, pelaksanaan (actuating) pembelajaran online dan evaluasi (evaluating) pembelajaran online di MTs Al Islam Joresan Ponorogo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan jenis penelitian berbasis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis interaktif Milles, Huberman dan Saldana. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa: 1) Adapun perencanaan pembelajaran berbasis digital di MTs. Al-Islam Joresan pada era new normal dengan (a) Pembelajaran online; landasan filosofis kebijakan pembelajaran online berbasis digital, menentukan platform pembelajaran berbasis digital, persiapan kegiatan pembelajaran berbasis digital, menyusun staf administrasi fungsional khusus kegiatan pembelajaran digital, menetapkan anggaran biaya selama pembelajaran berbasis digital. (b) Pembelajaran offline; menyusun jadwal mata pelajaran, pembagian tugas mengajar guru, menyiapkan sarana dan prasarana. 2) dan pelaksanaan yang dilakukan meliputi; (a)Pembelajaran online; Manajemen pelaksanaan pembelajaran berbasis digital, aktualisasi pembelajaran berbasis digital, faktor pendukung dan hambatan pelaksanan pembelajaran berbasis digital. (b) Pembelajaran offline; masa pandemi Covid-19, Pembelajaran offline dilakukan tatap muka di sekolah, namun siswa dibatasi. (3) serta evaluasi pembelajaran berbasis digital, meliputi; (a) Pembelajaran online; Tahapan pra evaluasi pembelajaran digital, proses evaluasi pembelajaran digital, kendala dalam evalausi pembelajaran digital, hasil evaluasi pembelajaran digital. (b)Pembelajaran offline; Penerapan sistem evaluasi pembelajaran offline yang diterapkan oleh MTs Al-Islam Joresan adalah dengan memberikan tugas kepada siswa secara bergiliran.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:12
Last Modified: 23 Nov 2022 03:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21607

Actions (login required)

View Item View Item