Penanaman nilai-nilai moderasi agama pada siswa kelas X KI (Kimia Industri) SMK Gula Rajawali Madiun Tahun Pelajaran 2021/2022

Catur wulansari, Rizky (2022) Penanaman nilai-nilai moderasi agama pada siswa kelas X KI (Kimia Industri) SMK Gula Rajawali Madiun Tahun Pelajaran 2021/2022. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317010 RIZKY CATUR WULANSARI PAI TESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Wulansari, Rizky Catur. 2021. Penanaman nilai-nilai moderasi agama pada siswa kelas X KI (Kimia Industri) SMK Gula Rajawali Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Ju’Subaidi, M.Ag

Kata kunci : Moderasi, toleransi, nilai moderasi Islam

Perbedaan sifat pada setiap orang itu merupakan suatu keragaman pada makhluk sosial. Moderasi beragama adalah cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan berlandaskan prinsip adil, berimbang, dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan bernegara. yang menjadi kenjangan mengenai moderasi beragama disini adalah adanya perbedaan penafsiran dan pemahaman dalam agama, ada juga dalam praktiknya yaitu ada beberapa peserta didik yang mengabaikan kesucian agama, atau mengorbankan kepercayaan dasar ajaran agamanya demi toleransi yang tidak pda tempatnya kepada pemeluk agama lain.Moderasi beragama sangat penting untuk ditanamkan kepada peserta didik agar tercipta hubungan harmonis antara guru, peserta didik, masyarakat dan lingkungan sekitar sehingga tercipta lingkungan yang damai,nyaman dan aman dari berbagai ancaman
Tujuan penelitian ini yaitu, 1)Untuk mengetahuiupaya penanaman nilai-nilai moderasi Agama pada siswa kelas X KI SMK Gula Rajawali Madiun. 2) Untuk mengetahui kendala penanaman nilai-nilai moderasi Agama pada siswa kelas X KI SMK Gula Rajawali Madiun.3) Untuk mengetahui dampak penanaman nilai-nilai moderasi Agama pada siswa kelas X KI SMK Gula Rajawali Madiun.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan adalahdeskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif berusaha menjelaskan penanaman nilai-nilai moderasi agama pada siswa. Data diperoleh observasi, wawancara, dokumentasi, teknik angket tentang pentingnya penanaman moderasi antara sesama siswa. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis interaktif yang diperkenalkan oleh Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasilpenelitian dapat diketahui bahwa : (1) Upaya penanaman nilai moderasi agama yang dilakukan guru PAI yaitu nilai toleransi, mengadakan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah yang bertujuan mengakrabkan siswa juga melatih kemandirian, menjalankan peraturan sekolah yang berlaku homevisit virtual kepada siswa yang tidak masuk lebih dari 3 hari karena sakit.(2) Kendala penanaman nilai-nilai moderasi Agama yang dialami guru Pai adalah fasilitas ibadah yang kurang memadahi juga faktor kurang minat siswa dalam mengikuti pembinaan moderasi Agama serta sulitnya siswa diatur dan kurangnya memperhatikan penyampaian guru. (3) Dampak penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada siswa kelas X KI SMK Gula Rajawali Madiun adalah munculnya sikap menghargai perbedaan diantara sesama siswa.Berteman dengan siapapun walaupun mereka berbeda agama, latar belakang, serta mencerminkan sikap sila ke-5 pancasila.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Ju'Subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:23
Last Modified: 23 Nov 2022 03:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21606

Actions (login required)

View Item View Item