Upaya Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IX di MTs Ma'arif Al-Ishlah Kalisat Bungkal Ponorogo

As Sajdah, Noviana Nur (2022) Upaya Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IX di MTs Ma'arif Al-Ishlah Kalisat Bungkal Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180172_NOVIANA NUR AS SAJDAH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nur, Noviana As Sajdah. 2022. Upaya Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IX di MTs Ma’arif Al-Ishlah Kalisat Bungkal Ponorogo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I.
Kata Kunci: Upaya guru, Kedisiplinan, Pembelajaran Kontekstual, Akidah Akhlak
Permasalahan terkait disiplin, masih saja ditemukan hingga saat ini. Diantara permasalahan terkait disiplin yaitu adanya siswa yang bersikap kurang baik didalam kelas, , membuat gaduh di dalam kelas, dalam upaya memperbaiki sikap dan perilaku siswa demikian, peran guru akidah akhlak sangat penting. Salah satu upaya yang dilakukan saat proses pembelajaran, misalnya menerapkan pembelajaran kontekstual dimana pebelajaran tersebut mengkaitkan materi pelajaran ke dalam dunia nyata, oleh karena itu siswa dapat merangsang dan menangkap materi tersebut agar melakukan sesuatu apapun yang ada pada materi pelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa pada aspek hukuman dan apa saja faktor pendukung dan penghambat melalui pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IX di MTs Ma’arif Al-Ishlah Kalisat Bungkal Ponorogo
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menurut Milles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa: 1) Upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa pada aspek hukuman melalui pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs Ma’arif Al-Ishlah Kalisat Bungkal Ponorogo dilakukan oleh guru pada proses pembelajaran. Upaya spesifik pada aspek hukuman yang dimaksud adalah guru memberikan teguran kepada siswa yang melakukan kesalahan, memberikan nasehat kepada siswa ketika melakukan hal yang tidak baik, dan guru memberikan pembiasaan-pembiasaan yang baik agar lebih disiplin; 2) Ada beberapa faktor pendukung dalam menerapkannya. Adapun faktor pendukung yaitu: siswa sangat mampu mengkondisikan dirinya, siswa melakukan perintah guru dengan baik, penerapan pembelajaran kontekstual mampu membangun suasana proses pembelajaran yang berarti, pembelajaran lebih bermakna dan nyata, Pembelajaran lebih produktif, dan dapat meningkatkan penguatan konsep kepada siswa, Selain faktor pendukung ada juga faktor penghambat upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa adalah: karakter pribadi siswa yang tidak sama atau faktor pembawaan, faktor pertemanan sekelompok siswa ataupun faktor karena pengaruh kelompok, faktor lingkungan keluarga tempat tinggal yang di hadapi, faktor pola pikir.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:20
Last Modified: 23 Nov 2022 05:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21596

Actions (login required)

View Item View Item