Penerapan Metode Lingkaran Kecil Dan Lingkaran Besar Dalam Hafalan Juz ‘Amma Di TPQ Mambaul Syakirin Blodro Jatiyoso Karanganyar

Estiningsih, Nurul Khasanah (2022) Penerapan Metode Lingkaran Kecil Dan Lingkaran Besar Dalam Hafalan Juz ‘Amma Di TPQ Mambaul Syakirin Blodro Jatiyoso Karanganyar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180173_NURUL KHASANAH ESTININGSIH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Estiningsih, Nurul Khasanah. 2022. Penerapan Metode Lingkaran Kecil dan Lingkaran Besar
Dalam Hafalan Juz ‘Amma di TPQ Mambaul Syakirin Blodro Jatiyoso Karanganyar. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dra. Aries Fitriani, M. Pd.
Kata Kunci: Metode Lingkaran Kecil dan Lingkaran Besar, Hafalan Juz ‘Amma
Pembelajaran pada hakikatnya merupakan proses transfer ilmu dari seorang guru kepada santrinya. Ilmu tersebut menyeluruh bukan sekedar materi pembelajaran tertulis akan tetapi juga berkaitan dengan nilai-nilai yang dapat diambil dan diserap untuk diaplikasikan dikeseharian. Sejalan dengan hal tersebut maka dalam pembelajaran diperlukan metode yang tepat. Di TPQ Mambaul Syakirin Blodro Jatiyoso Karanganyar telah menerapkan metode lingkaran kecil dan lingkaran besar pada hafalan Juz ‘Amma dalam upaya meningkatkan kemampuan menghafal bagi santri.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan dan menganalisis penerapan metode lingkaran kecil dan lingkaran besar dalam hafalan Juz ‘Amma di TPQ Mambaul Syakirin Blodro Jatiyoso Karanganyar. 2) Memaparkan dan menganalisis hasil penerapan metode lingkaran kecil dan lingkaran besar dalam hafalan Juz ‘Amma di TPQ Mambaul Syakirin Blodro Jatiyoso Karanganyar. 3) Menjelaskan dan menganalisis keunggulan penerapan metode lingkaran kecil dan lingkaran besar dalam hafalan Juz ‘Amma di TPQ Mambaul Syakirin Blodro Jatiyoso Karanganyar.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif . Penelitian ini dilakukan terhadap santri kelas 2 di TPQ Mambaul Syakirin. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles & Hubberman dengan tahapan sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Penerapan metode lingkaran kecil dan lingkaran besar pada hafalan Juz ‘Amma di TPQ Mambaul Syakirin Blodro Jatiyoso Karanganyar diterapkan dengan cara pembagian kelas menjadi dua kelompok yakni kelompok lingkaran kecil dan lingkaran besar dan setiap santri diberikan ayat satu persatu. Kelompok lingkaran kecil membentuk lingkaran didalam sedangkan kelompok lingkaran besar diluarnya dan masing-masing kelompok saling berhadapan. Permainan dimulai dengan kelompok lingkaran besar bergeser searah sedangkan kelompok lingkaran kecil diam di tempat. Pemberhentian dilakukan sesuai aba-aba kemudian kelompok kecil membagikan hafalannya ke kelompok besar. Begitu seterusnya secara bergantian saling berbagai hafalan baik dari kelompok lingkaran kecil maupun dari kelompok lingkaran besar. Setelah permainan selesai dilanjutkan evaluasi dengan cara tebak-tebakan. (2) Hasil dari penerapan metode tersebut dilihat dari tiga aspek yakni kelancaran, kesesuaian dengan tajwid, serta fashahah dan adab. Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan metode tersebut dapat menambah kelancaran, tajwid, serta fashahah dan adab santri dalam menghafal. (3) Keunggulan dari penerapan metode lingkaran kecil dan lingkaran besar pada hafalan Juz ‘Amma yang selama ini dirasakan oleh Ustadzah Yuni beserta santri-santrinya adalah bagi ustadzah membuat pembelajaran menjadi lebih mudah sedangkan bagi para santri dapat melatih kemampuannya baik secara individu maupun kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:09
Last Modified: 23 Nov 2022 03:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21582

Actions (login required)

View Item View Item