Manajemen Kearsipan dalam Peningkatan Mutu Layanan Informasi dan Administrasi Pendidikan di MA Darul Huda Ponorogo

Rofi'ah, Ilma Nikmatur (2022) Manajemen Kearsipan dalam Peningkatan Mutu Layanan Informasi dan Administrasi Pendidikan di MA Darul Huda Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Ilma Nikmatur Rofi'ah_206180024_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam suatu lembaga, kearsipan merupakan salah satu bagian yang sangat penting demi keberlangsungan lembaga tersebut. Manajemen kearsipan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi merupakan suatu kesatuan yang hadir dalam memberikan rujukan atau sumber informasi baik berupa apapun dalam suatu lembaga mulai dari awal berdiri hingga sekarang yang perlu dilakukan dengan tepat sehingga dalam proses pelayanan informasi maupun kegiatan administrasi dapat erjalan secara efektif dan efisien.
Berdasarkan uraian singkat diatas, peneliti bermaksud akan mengadakan penelitian dengan tujuan sebagai berikut : (1) Mengetahui tahap perencanaan kearsipan dalam peningkatan mutu layanan infromasi dan administrasi di MA Darul Huda Ponorogo. (2) Mengetahui tahap implementasi kearsipan dalam peningkatan mutu layanan informasi dan administrasi di MA Darul Huda Ponorogo. (3) Mengetahui tahap evaluasi kearsipan dalam peningkatan mutu layanan infromasi dan administrasi di MA Darul Huda Ponorogo.
Pendekatan ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti secara langsung akan mengetahui keadaan lapangan yang terjadi, sesuai dengan rumusan masalah. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik yang dipilih dalam analisis data adalah milik Miles & Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Tahap perencanaan kearsipan di MA Darul Huda Ponorogo adalah dengan penciptaan arsip yang dilakukan secara internal dan eksternal, yang mana penciptaan internal dilakukan oleh staf TU atas persetujuan kepala TU sedangkan dalam penciptaan arsip eksternal harus melalui beberapa tahapan yang langsung ditangani oleh bagian staf tata usaha. 2) Tahap implementasi. Dalam implementasinya terdapat beberapa kegiatan antara lain distribusi arsip, penggunaan arsip, pemeliharaan arsip, dan penyimpanan arsip. Pada kegiatan distribusi arsip di MA Darul Huda Ponorogo dilakukan oleh staf tata usaha kepada yang bersangkutan, seperti guru, siswa, stakeholder, maupun alumni serta masyarakat luas, yang dilakukan baik berupa media cetak maupun elektronik. Untuk kegiatan penggunaan arsip, arsip digunakan sebagai pengambilan keputusan dari pihak yang bersangkutan. Selanjutnya dalam pemeliharaan arsip, arsip disimpan dalam bentuk cetak dan elektronik. Untuk arsip cetak, dilakukan penyimpanan kembali pada almari, etalase, stopmap maupun ruangan khusus arsip. Sedangkan untuk arsip elektronik, penyimpanan dilakukan pada google drive, E-mail, maupun website madrasah. Pemeliharaan dilakukan bertujuan untuk memudahkan dalam penemuan kembali arsip, menjaga dari kotoran maupun kerusakan, serta kehilangan. Kegiatan yang terakhir dalam implementasi adalah penyimpanan arsip, dilakukan penyimpanan secara aktif, inaktif, dan temporal. 3) Kegiatan evaluasi kearsipan dalam peningkatan mutu layanan informasi dan administrasi pendidikan di MA Darul Huda Ponorogo dilakukan karena terdapat kendala. Kendala yang dihadapi diantaranya adalah tidak sampainya informasi kepada yang bersangkutan. Hal tersebut dikarenakan kurang up to date dalam menggali informasi. Dari permasalahan tersebut, solusi yang diambil adalah dilakukan pengadaan arsip secara cetak maupun elektronik, serta pemerataan penyampaian layanan informasi secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Rahmi Sonia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:56
Last Modified: 23 Nov 2022 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21564

Actions (login required)

View Item View Item